Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Hasil Real Count KPU Perolehan Suara Hary Tanoe Sekeluarga

Berdasarkan hasil real count yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), perolehan suara HT sekeluarga terbilang kurang dibandingkan caleg lainnya.
Siluet jurnalis mengamati data rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Siluet jurnalis mengamati data rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Perolehan suara sementara Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo bersama enam anggota keluarganya belum menampakkan perubahan signifikan sehingga berpulang gagal dalam pemilihan calon legislatif (Pileg) 2024.

Berdasarkan hasil suara sementara atau real count yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), perolehan suara HT sekeluarga terbilang kurang dibandingkan caleg lainnya.

Hingga Sabtu (2/3/2024) pukul 19.00 WIB, HT mendulang 17.125 suara di dapilnya. Konglomerat media ini terdaftar sebagai caleg di dapil Banten III.

Kendati memperoleh suara terbanyak bagi Perindo, jumlah itu kurang jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Airin Rachmi Diany dari Golkar dengan 86.869 suara. Pesaing lainnya adalah kader PDIP, Rano Karno dengan 40.094 suara dan kader Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dengan 36.422 suara.

Setali tiga uang, istri HT yakni Liliana Tanaja Tanoesoedibjo meraih hasil suara yang terbilang minim di dapil DKI Jakarta II.

Liliana Tanoesoedibjo meraih 14.830 suara di dapil Jakarta II. Jumlah itu jauh di bawah perolehan suara Hidayat Nur Wahid, politisi senior PKS yang meraup 86.540 suara. 

Perolehan suara Liliana juga berada di bawah raihan kader PDIP, Once Mekel dengan 25.193 suara dan kader PKB, Ida Fauziyah dengan 28.290 suara.

LIMA ANAK HARY TANOESOEDIBJO

Perolehan suara sementara yang diraih kelima anak HT yang maju dalam Pileg 2024 pun tampaknya belum menunjukkan peningkatan signifikan.

Anak sulungnya yakni Angela Herliani Tanoesoedibjo yang bertarung di dapil Jawa Timur I mendapatkan 15.646 suara. Perolehan itu tertinggal cukup signifikan dari 48.949 suara yang dihimpun petahana Puti Guntur Soekarno yang diusung PDIP atau Dhani Ahmad Prasetyo, kader Gerindra yang meraup 55.748 suara di dapil yang sama. 

Anak kedua HT, yaitu Valencia Herliani Tanoesoedibjo, juga tertinggal di dapilnya, DKI Jakarta III. Valencia meraih 6.872 suara atau berada di bawah kader Gerindra, Rahayu Saraswati dengan 9.953 suara atau kader PDIP, Charles Honoris dengan 22.061 suara.

Kondisi tidak jauh berbeda dialami tiga anak lainnya yaitu Jessica Herliani Tanoesoedibjo yang maju di dapil NTT II, Clarissa Herliani Tanoesoedibjo yang unjuk diri di dapil Jawa Barat I, serta anak bungsu Warren Haryputra Tanoesoedibjo di dapil Jawa Tengah I.

Perolehan suara sementara Jessica Tanoesoedibjo tercatat sebesar 1.910 pemilih, Clarissa Tanoesoedibjo 2.776 suara, dan Warren Tanoesoedibjo 1.434 suara.

Selain karena perolehan suara individu yang minim, HT beserta keluarganya diperkirakan gagal ke Senayan karena Perindo belum memenuhi ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4%.

Berdasarkan real count KPU pada waktu yang sama, Perindo hanya meraih 962.283 suara di pileg DPR RI. Jumlah tersebut setara dengan 1,25% total suara nasional.

Meskipun demikian, proses rekapitulasi suara yang dilakukan KPU masih berlangsung hingga saat ini. Penghitungan suara di setiap TPS berlangsung pada hari-H Pilpres yakni 14 Februari 2024.

Proses rekapitulasi suara dimulai sejak sehari setelah hari-H hingga 20 Maret 2024 mendatang. KPU akan mengumumkan hasil resmi Pemilu 2024 jika rekapitulasi suara selesai dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper