Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi 78 WNI di Inggris Gagal Nyoblos di TPS, PPLN Buka Suara

PPLN mengungkap kronologi 78 WNI di Inggris batal nyoblos di TPS. Kok bisa?
WNI memasukkan surat suara ke kotak suara. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Riyadh melaksanakan Pemilu 2024 di KBRI. (ANTARA)
WNI memasukkan surat suara ke kotak suara. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Riyadh melaksanakan Pemilu 2024 di KBRI. (ANTARA)

Bisnis.com, JAKARTA - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) London menyatakan ada sebanyak 78 calon pemilih di Manchester, Inggris yang batal nyoblos Pilpres 2024. Padahal, mereka telah mendaftar nomor antrean, namun tidak dapat memilih karena surat suara yang tersedia telah habis. 

PPLN London menjelaskan dalam kesempatan yang sama bahwa berkenaan dengan pemilih yang tidak diperkenankan masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK), hal ini dikarenakan pemilih sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) di dalam negeri. 

"Kami mengapresiasi calon pemilih yang telah bersabar menunggu hingga pemungutan suara berakhir dan dapat menerima keadaan tidak dapat memilih dikarenakan surat suara telah habis," katanya dalam keterangan resmi PPLN London, dikutip Selasa (13/2/2024).

Pihaknya menegaskan bahwa mengingat pemungutan suara di Inggris dan Irlandia dilaksanakan lebih cepat dibandingkan dengan pelaksanaan di dalam negeri, yakni pada 11 Februari 2024 lalu, maka pengecekan data status pemilih menjadi sangat penting untuk menghindari pemungutan suara lebih dari satu kali.

Berdasarkan keterangan resmi, jumlah surat suara yang diterima di TPS dan data pemilih yang hadir dalam pemungutan suara di TPS sesuai data awal pasca pemungutan suara 11 Februari 2024.

Adapun untuk TPS 001, jumlah surat suara diterima sebanyak 1.339 lembar dengan rincian, surat suara berdasarkan DPT sebanyak 1.310 lembar, surat suara cadangan (2%) sebanyak 27 lembar, surat suara Return to Sender dari Pos sebanyak 2 lembar. Adapun jumlah pemilih yang memberikan hak suara sebanyak 1.163 orang. 

Lalu TPS 002, jumlah surat suara diterima sebanyak 332 lembar dengan rincian, surat suara berdasarkan DPT sebanyak 302 lembar, surat suara cadangan (2%) sebanyak 7 lembar, surat suara Return to Sender dari Pos sebanyak 23 lembar. Adapun jumlah pemilih yang memberikan hak suara sebanyak 332 orang.

Kemudian, untuk TPS 003 jumlah surat suara diterima sebanyak 1.887 lembar dengan rincian surat suara berdasarkan DPT sebanyak 1.850 lembar, surat suara cadangan (2%) sebanyak 37 lembar. Adapun jumlah pemilih yang memberikan hak suara sebanyak 1.114 orang.

Sementara itu, untuk pemungutan surat suara melalui Pos, amplop surat suara yang telah dicoblos oleh pemilih masih akan ditunggu sampai dengan Rabu, (14/2/2024). Adapun, sampai dengan 12 Februari 2024, jumlah amplop yang diterima oleh PPLN London sebanyak 1.013 amplop atau 76,63%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper