Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Twitter Dibuat Geger dengan Posisi Salat Jamaah Anies-Cak Imin, Netizen: Mereka Lulusan Pondok

Dri Twitter sedang ramai perdebatan tentang posisi salat yang dilakukan oleh Anies dan Cak Imin.
Viral posisi salat jamaah Cak Imin dan Anies Baswedan
Viral posisi salat jamaah Cak Imin dan Anies Baswedan

Bisnis.com, JAKARTA - Media sosial Twitter sedang ramai perdebatan tentang posisi salat yang dilakukan oleh Anies dan Cak Imin.

Dalam foto yang viral, Cak Imin bertindak sebagai imam Anies Baswedan. Namun yang menjadi sorotan netizen adalah posisi keduanya.

Dalam foto tersebut, terlihat jamaah salat hanya dilakukan oleh Cak Imin dan Anies. Jika merujuk pada hadist, maka posisi Cak Imin dan Anies tersebut kurang tepat.

Sebab, apabila imam dan makmum sama-sama laki-laki, dan makmum hanya seorang, ia harus berdiri di sebelah kanan sejajar dengan posisi imam.

Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits dari Ibnu Abbas Ra berikut ini:

“Aku menginap di rumah bibiku, Maimunah. Lalu, Rasulullah SAW shalat pada sebagian malam, lalu aku berdiri di samping kiri beliau. Maka, beliau memegang kepalaku dan mendirikan aku di sisi kanan beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Komentar Twitter

Di Twitter, posisi salat jamaah antara Anies dan Muhaimin ini jadi perbincangan. Akan tetapi, beberapa netizen memiliki pendapat yang lain.

Banyak di antara mereka yang yakin apabila di belakang Anies Baswedan masih ada jamaah perempuan yang tidak tertangkap kamera dalam potret tersebut.

Apalagi, tampak ada sajadah yang digelar tepat di belakang Anies Baswedan meski tidak terpotret sosoknya.

Selain itu, di samping Anies Baswedan juga terdapat sajadah. Banyak netizen yakin bahwa mulanya di belakang imam ada dua makmum pria.

"Di belakang mas Anies apakah ada jamaah putri ? Kalo ada posisi tsb sudah benar berdasar hadits berikut "Dari Anas bin Malik r.a., beliau berkata: Saya bersama seorang anak yatim sholat di belakang Nabi SAW. Sedangkan ibuku, Ummu Sulaim, sholat di belakang kami." (HR Bukhari)," tulis salah satu netizen.

Salah satu akun Twitter juga ada yang mengingatkan pengguna yang lain bahwa Cak Imin dan Anies adalah mantan anak pondok, sehingga kemungkinan kecil mereka melakukan kesalahan dalam posisi salat berjamaah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper