Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 8 Barisan Menteri Kabinet Jokowi yang Dukung Prabowo-Gibran

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto resmi mendukung Prabowo.
Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan keterangan pers seusai Dialog Capres Bersama Kadin di Jakarta, Jumat (12/1/2024). Bisnis/Abdurachman
Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan keterangan pers seusai Dialog Capres Bersama Kadin di Jakarta, Jumat (12/1/2024). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Koalisi gemuk pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapat dukungan 9 menteri kabinet bikinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Teranyar dukungan datang dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan. Dukungan disampaikan Luhut lewat keterangan video di akun instagramnya, Sabtu (3/2/2024). 

Luhut beralasan pasangan nomor urut-2 ini memiliki visi keberlanjutan dan hilirisasi yang jelas untuk melanjutkan program pembangunan yang telah dikerjakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama hampir 10 tahun ini. 

“Kita pilih orang yang tepat menjadi presiden, saya pribadi memilih Pak Prabowo dengan alasan yang sederhana berkelanjutan,” kata Luhut.

Selain Luhut, beberapa menteri yang mendukung Prabowo-Gibran ini di antaranya Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, Budi Arie Setiadi, Bahlil Lahadalia, Erick Thohir, Agus Gumiwang, Rosan Roeslani hingga Paiman Raharjo. 

Simak menteri dan wamen yang mendukung Prabowo-Gibran:

1. Airlangga Hartarto 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto resmi mendukung Prabowo dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) partai Golkar pada Sabtu (21/10/2023).

Airlangga optimis pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bisa memenangkan ajang Pilpres 2024 satu putaran. 

Optimisme Airlangga muncul usai melihat massa yang membludak ketika Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi mendeklarasikan dukung pasangan Prabowo-Gibran di Indonesia Arena GBK, Jakarta Pusat pada Rabu (25/10/2023) pagi.

2. Zulkifli Hasan 

Ketua Umum PAN sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberi dukungan pada pasangan Prabowo-Gibran pada Minggu (13/8/2023) di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat.

Alasan Mendag itu mendukung Prabowo lantaran PAN telah sekitar 10 tahun berada di barisan yang sama dengan Partai Gerindra, yang dinahkodai Prabowo. 

"Kami sudah 10 tahun bareng-bareng dengan Pak Prabowo. Kalau tinggal sedikit, kenapa tidak sabar? Kami meyakini perjuangan 10 tahun itu akan tuntas, Pak," katanya.  

3. Budi Arie Setiadi 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mendeklarasikan dukungan ke bakal calon presiden Prabowo Subianto selepas pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-VI Projo di Indonesia Arena GBK, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/10/2023).

"Arahan Pak Jokowi tadi apa? Kalau saya nangkapnya Pak Prabowo," ujar Budi ditemui di sela-sela acara rakernas ke-IV Projo.

4. Bahlil Lahadalia 

Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengamini tengah membentuk tim simpul relawan untuk mendukung paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Meski begitu, Bahlil menegaskan bahwa pembentukan tim relawan untuk mendukung Prabowo-Gibran dilakukannya bukan sebagai arahan Istana Kepresidenan alias Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan kata lain, Bahlil menegaskan bahwa tidak ada 'cawe-cawe' Jokowi dalam upaya pemenangan Prabowo-Gibran. 

"Bayang-bayang apa ya, saya nggak ngerti bayang-bayang. Saya membentuk tim relawan, kewajiban saya, dan saya lakukan itu di luar jam dinas," ujarnya usai rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/11/2023). 

5. Erick Thohir 

Menteri BUMN Erick Thohir tegaskan bahwa dirinya bakal mendukung penuh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka atau Prabowo-Gibran untuk menjadi capres-cawapres pada Pemilu 2024. 

Hal tersebut disampaikan oleh Erick Thohir usai makan siang bersama Prabowo Subianto di rumah pribadinya di Jalan Jusuf Adiwinata, Menteng Jakarta Pusat, Selasa (31/10). 

Ketua PSSI itu menjelaskan alasan dirinya bakal mendukung Prabowo-Gibran, lantaran keduanya memiliki visi dan misi yang sama untuk membangun Indonesia agar lebih maju dan semakin besar di kemudian hari. 

"Saya ingin menjadi bagian untuk Indonesia yang lebih besar, lebih maju dan lebih baik," tuturnya di Jakarta, Selasa (31/10).

6. Agus Gumiwang 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mendukung Prabowo-Gibran lewat pembentukan Posko Pemilih Prabowo-Gibran (KOPI PAGI) di Jakarta Selatan, Senin (30/10/2023). 

Agus menjadi bagian dari Partai Golkar yang telah lebih dahulu mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo dalam Pemilu tahun ini. 

7. Rosan Roeslani 

Mantan Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Saat masih menjabat sebagai sebagai Wamen BUMN. Namanya disebut langsung oleh Prabowo dalam pidato sebelum pendaftaran sebagai capres dan cawapres di KPU. 

"Ketua TIM Kampanye Nasional KIM, Rosan Roeslani," ujar Prabowo, Rabu (25/10/2024). 

8. Paiman Raharjo

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes) Paiman Raharjo diduga memimpin rapat yang memobilisasi dukungan kepada putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. 

Sebagaimana diketahui, Gibran Rakabuming Raka telah menjadi pendamping calon presiden Prabowo Subianto yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (Maju). 

Dalam video yang diterima Bisnis, Wamendes Paiman menyebutkan bahwa hasil rapat itu nantinya akan disampaikan langsung kepada Menteri Sekretariat Negara, Pratikno dan Presiden Jokowi. 

"Bapak ibu, kita menindaklanjuti rapat yang kedua saat di kafe, bahwa kita sepakat membantu mas Gibran untuk memenangkan pemilu di 2024. Setelah hasil rapat saya sampaikan kepada Pak Pratikno dan kepada Pak Jokowi," tutur Paiman dalam video, dikutip Selasa (31/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper