Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi Bos Gangster Meksiko Dibekuk Polisi di Nganjuk

Tim gabungan Polri tersebut berhasil menangkap empat warga negara asing (WNA) asal Meksiko yang menjadi pelaku penembakan terhadap WN Turki, Turan Mahmet (30).
Petugas kepolisian mengamankan warga negara Mexico Sicairos Valdes Roberto (27) pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap warga Turki di Polres Badung, Bali./Antara-HO
Petugas kepolisian mengamankan warga negara Mexico Sicairos Valdes Roberto (27) pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap warga Turki di Polres Badung, Bali./Antara-HO

Bisnis.com, JAKARTA — Kasus penembakan terhadap warga negara Turki, Turan Mahmet (30), akhirnya berhasil diungkap tim gabungan dari Bareskrim Polri, Polda Bali, Polda Jawa Timur dan Polres Nganjuk.

Tim gabungan tersebut berhasil menangkap empat  warga negara asing (WNA) asal Meksiko yang menjadi pelaku penembakan.

Tiga dari empat pelaku yakni Aramburo Contreras Jose Alfonso (32), Mayorquin Eacobedo Juan Antonio (24), dan Deraz Gonzalez Victor Eduardo (36) ditangkap tim gabungan Mabes Polri, Polda Bali dan Polres Badung pada hari Sabtu (27/1/2024) sekitar pukul 08:00 WITA di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung.

Sementara itu, satu pelaku lainnya Sicairos Valdes Roberto (27) sempat berstatus buronan atau masuk daftar pencarian orang (DPO). Namun, dia akhirnya berhasil ditangkap di wilayah Nganjuk, Jawa Timur, pada hari Selasa (30/1/2024) sekitar pukul 13.30 WIB, oleh tim gabungan Polda Bali dan Polres Badung.

Penangkapan dipimpin Kanit Resmob Kompol Ketut Sudiarta dan Iptu Agie Dwiesetyo Putra berkoordinasi dengan Polres Nganjuk. Polda Jatim mendeteksi bahwa DPO berada di wilayah hukum Polres Nganjuk.

Tim yang mendapat informasi awal langsung mendatangi Terminal Bus Nganjuk dan menangkap yang bersangkutan yang saat itu hendak melarikan diri menuju Surabaya, Jawa Timur. Setelah ditangkap, pelaku dibawa menuju Bali dengan pesawat.

"Saat ini pelaku sudah diamankan di Mako Polres Badung bersama ketiga tersangka lainnya untuk penyidikan lebih lanjut," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Bali Komisaris Besar Polisi Jansen Avitus Panjaitan seperti dilansir Antara.


KRONOLOGI

Dugaan tindak pidana percobaan pembunuhan berencana dan/atau percobaan pembunuhan dan/atau pencurian dengan kekerasan atau perampasan itu terjadi pada hari Selasa (23/1/2024) sekitar pukul 01.18 Wita di The Palm House, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Empat orang pelaku tersebut menargetkan Turan Mehmet dan tiga temannya yang sedang duduk di dalam areal vila. Namun, korban Turan Mehmet yang terluka akibat ditembak senjata api, sedangkan tiga penghuni lainnya berhasil kabur dan menyelamatkan diri.

Akibat tembakan senjata api, korban mengalami dua luka tembakan di perut bagian depan hingga tembus bagian kanan dan tembakan dari lengan kiri hingga tembus dada bagian kiri belakang.

Saat itu uang tunai salah satu penghuni vila bernama Turan Muhammad Enes yang merupakan adik korban Turan Mehmet sejumlah Rp30 juta dan US$4.000 juga diambil oleh pelaku tersebut.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Djuhandhani Rahardjo Puro menjelaskan Sicairos Valdes Roberto merupakan berperan sebagai pemimpin dari ketiga WNA Meksiko yang melakukan tindak kejahatan di Indonesia.

“Dia [pelaku] pemimpin kelompok yang merencanakan kegiatan,” kata Djuhandhani. Menurutnya, pelaku dan korban tidak saling kenal. 

Berdasarkan catatan pelintasan imigrasi, korban Turan Mehmet masuk di Bali pada 7 Desember 2023 menggunakan visa on arrival sebagai wisatawan untuk berlibur.

Sementara itu, pelaku masuk di Bali pada 12 Desember 2023 juga menggunakan visa on arrival untuk tujuan wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper