Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Laut Merah, Fakta Menarik, dan Kisah Mukjizat Nabi Musa

Berikut sejarah laut merah, fakta menarik, hingga kisah Nabi Musa AS yang berkaitan dengan mukjizatnya.
Sejarah laut merah sebagai jalur logistik internasional, konflik di laut merah dan kisah Nabi Musa di laut merah./pexels
Sejarah laut merah sebagai jalur logistik internasional, konflik di laut merah dan kisah Nabi Musa di laut merah./pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Laut Merah dihubungkan dengan Laut Tengah melalui Terusan Suez untuk menjadi jalan alternatif logistik terceoat ke Eropa ke Asia. Berikut sejarah laut merah selengkapnya serta kisah Nabi Musa dengan laut merah.

Sebagai jalur logistik, Terusan Suez dan Laut Merah selalu dilewati banyak kapal-kapal logistik dari berbagai negara untuk mengirim barang.

Jalur ini pun tak luput dari berbagai konflik karena Laut Merah menjadi pembatas antara negara semenandung Arab dan Afrika. Secara geografis, Laut Merah terletak di negara Mesir, Sudan, Arab Saudi, Yaman, Yordania, Eritrea, dan Palestina.

Laut Merah juga seringkali disebut dengan Laut Teberau. Dirangkum dari laman Britannica, Laut Merah membentang sekitar 1.930 kilometer ke arah Tenggara dari terusan Suez, Mesir hingga Selat Bab el-Mandeb yang menghubungkan dengan Teluk Aden dan kemudian dengan Laut Arab.

Laut Merah selalu menampakkan perubahan warna yang disebabkan karena alga Trichodesmium erythraeum yang melimpah. Apabila alga ini mati, maka air laut ikut berubah menjadi coklat kemerahan.

Konflik di Laut Merah

Terbaru, Laut Merah dipenuhi dengan konflik dan dinyatakan tidak aman karena terjadi baku tembak antara kelompok Houthi Yaman dengan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Houthi yang mendapat serangan dari AS dan Inggris kemudian mulai melancarkan serangan terhadap kapal-kapal asing. Kelompok ini juga menyerukan akan melakukan penyerangan terhadap mereka yang pro-Israel, sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina.

Penyerangan terhadap kapal kargo tersebut pun dilakukan Houthi untuk meningkatkan biaya ekonomi bagi negara Yahudi agar pembantaian di Gaza berhenti. Sayangnya konflik yang terjadi menyebabkan pengiriman bahan baku hingga rantai pasok pun terganggu akibat konflik yang terjadi di Laut Merah.

Terbaru pihak Houthi mengaku akan bersikap lebih lunak dan menjanjikan keamanan bagi kapal milik China dan Rusia.

Sejarah Laut Merah

Laut Merah menjadi salah satu perairan besar yang penting dalam perdagangan maritim Mesir pada 2000-an SM. Kemudian pada 600 SM, bangsa Fenisia menjelajahi pantai Laut Merah dalam penjelajahan keliling Afrika.

Mereka disebut menggali kanal-kanal dangkal antara Sungai Nil dan Laut Merah.

Dalam sejarahnya pada 800 M, Khalifah Harun al-Rashid mengusulkan untuk membuat terusan yang menghubungkan Laut Merah dan Laut Tengah. Namun terusan ini baru terlaksana pembangunannya di masa pemerintahan diplomat Perancis Ferdinand de Lesseps pada 1869.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper