Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawa Barat Perketat Aturan Penjualan Anjing, Ini Detailnya

Perdagangan daging anjing untuk dikonsumsi di wilayah Jawa Barat terbilang masif.
Vaksin Anjing. /richviewanimalhospital
Vaksin Anjing. /richviewanimalhospital

Bisnis.com, BANDUNG-- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai memperketat aturan jual beli anjing seiring dengan mencuatnya kasus perdagangan anjing ke wilayah Jawa Tengah dan DKI Jakarta untuk dikonsumsi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Moh.Arifin Soedjayana mengatakan pihaknya telah membuat strategi untuk memerangi perdagangan daging anjing yang dipastikan ilegal itu.

"Kita sudah bikin surat ke dinas yang membidangi peternakan di kabupaten kota agar mengawasi peredaran daging anjing, karena daging anjing ini bukan pangan. Jadi bukan untuk konsumsi sesuai dengan undang-undang peternakan dan kesehatan hewan," katanya, Jumat (12/1/2024).

DKPP sendiri telah membuat aturan yang melarang peredaran daging anjing di Jawa Barat. Aturan itu dikeluarkan melalui Surat Himbauan No. 7705/PT.01.04.03/keswanvet Tahun 2023.

Pihaknya memastikan sudah meminta dinas peternakan di 27 kabupaten/kota untuk aktif memonitor lalulintas penjualan anjing. 

Menurutnya, anjing boleh diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan, bukan untuk dikonsumsi.

"Jadi boleh dijual, dan itu harus dikeluarkan surat keterangan kesehatan hewannya oleh kabupaten kota," katanya.

DKPP turut menggandeng komunitas pecinta anjing untuk memerangi peredaran daging anjing ilegal di Jawa Barat. Sebab menurutnya, daging anjing dapat menularkan berbagai penyakit, salah satunya rabies.

"Kita sudah melakukan kerjasama dengan komunitas anjing, salah satunya yang kemarin menemukan (kasus Subang) agar konsumsi daging anjing ini tidak menyebar. Karena kan bisa menularkan penyakit," paparnya.

Pihaknya mencatat ada sejumlah kabupaten/kota di Jabar yang menjadi pusat pengepulan anjing yang kemudian dikirim ke daerah lain untuk dikonsumsi dagingnya.

"Ada sembilan daerah, itu Garut, Sumedang, Subang, Kuningan, Majalengka, Indramayu, Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya," ungkapnya.

Meski tidak terang-terangan, namun praktik ini terus terjadi dari tahun ke tahun. Jawa Barat bahkan disebut sebagai pemasok utama daging anjing di Pulau Jawa.

Data Dog Meat Free Indonesia (DMFI), sebanyak 13.700 ekor anjing ditangkap dan dicuri setiap bulannya dari jalan-jalan kota di seluruh Jawa. Adapun Jawa Barat, disebut sebagai 'pusat pasokan' yang memasok anjing ke pusat Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper