Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud Anggap Ganjar Kuasai Materi Debat Ketiga

Mahfud MD memilih tidak memberi masukan khusus ke pasangan politiknya, calon presiden Ganjar Pranowo, jelang debat ketiga Pilpres 2024.
Ganjar pranowo - instagram @ganjar_pranowo
Ganjar pranowo - instagram @ganjar_pranowo

Bisnis.com, JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD memilih tidak memberi masukan khusus kepada calon presiden Ganjar Pranowo, jelang debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu (7/1/2023).

Mahfud mengakui salah satu tema debat ketiga merupakan keamanan yang merupakan bidang keahliannya. Meski demikian, dia yakin pemahaman Ganjar sudah mempuni.

"Pak Ganjar sudah tahu itu, dia sudah menguasai itu [tema debat ketiga]. Saya sudah bicara. Jadi saya tidak akan memberi masukan khusus," ungkap Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini mengatakan hanya akan mendampingi Ganjar hadapi debat ketiga Pilpres 2024. Mahfud berpendapat, Ganjar sudah siap.

"Baik untuk menampung pertanyaan, menjawab pertanyaan, maupun untuk melontarkan pertanyaan dalam debat, dia sudah siap segalanya," jelasnya.

Lebih lanjut, dia juga menerangkan maksud sistem pertahanan 5.0 yang akan diimplementasikan apabila Ganjar-Mahfud terpilih dalam ajang Pilpres 2024. Menurutnya, sistem pertahanan 5.0 merupakan tuntutan zaman.

"Itu artinya sudah siap memasuki era industri kelima. Kan kemarin 4.0, sekarang 5.0. Terus kan berkembang, yang arahnya tetap ke AI [kecerdasan buatan] dan digitalisasi," ujar Mahfud.

Sebagai informasi, debat ketiga Pilpres 2024 khusus calon presiden ini akan bertemakan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geo Politik. Tempat acara belum disepakati, namun akan disiarkan oleh stasiun TV yaitu MNC Group (MNC TV, iNews TV, RCTI, dan GTV).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper