Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Cara Merayakan Tahun Baru 2024 Tanpa Macet-macetan

Berikut 4 cara merayakan Tahun Baru 2024 tanpa macet-macetan di jalan, ada barbeque hingga movie marathon di rumah
Ilustrasi pesta kembang api menghiasi detik detik pergantian tahun baru di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta./Bisnis-Dedi Gunawan
Ilustrasi pesta kembang api menghiasi detik detik pergantian tahun baru di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan Tahun Baru biasanya identik dengan pesta-pesta meriah di malam hari. Contohnya, berkendara ke pusat kota, berkumpul dengan keluarga atau kerabat, menonton konser, atau melihat pertunjukan kembang api yang memukau.

Namun, tidak semua orang cocok dengan perayaan yang terlalu ingar bingar. Ada orang yang kerap merasa kurang nyaman bertemu dan berada di keramaian dalam waktu yang lama. Itu mengapa, sebagian orang memilih merayakan malam pergantian tahun yang jauh dari keramaian dan ingar-bingar.

Namun, perayaan Tahun Baru yang jauh dari keramaian tetap bisa berlangsung meriah. Bagi Anda yang sedang mencari referensi untuk mengisi Tahun Baru 2024, berikut cara merayakan Tahun Baru anti-mainstream yang bisa dicoba dilansir dari laman Kemenparekraf:

1. Barbeque-an di Rumah

Malam tahun baru adalah momen yang spesial untuk acara bakar-bakaran. Barbeque menjadi pilihan banyak orang untuk merayakan malam tahun baru bersama keluarga dan kerabat. Selain seru dan menyenangkan, acara bakar-bakaran ini juga simpel dan mudah dilakukan.

Apalagi terdapat banyak menu makanan di Indonesia yang diolah dengan cara dibakar, maka akhir tahun akan menjadi semakin seru dan menyenangkan dengan acara ini.

2. Berkemah (Camping)

Jika Anda mencari ide merayakan Tahun Baru 2024 yang jauh dari keramaian, maka dapat mencoba camping atau berkemah di alam terbuka. Udara sejuk dan bersih akan memberikan ketenangan serta menghapus beban pikiran. Kalau beruntung, Anda juga bisa melihat pemandangan kembang api dari dalam tenda.

Ada banyak spot camping di Indonesia yang cocok untuk bermalam menyambut pergantian tahun. Kalau ingin yang tidak jauh dari Jakarta, Anda bisa memilih Bogor sebagai destinasi camping yang cocok untuk keluarga.
Pilihan lainnya yakni, camping di pinggir pantai sambil menikmati keindahan laut biru jernih yang tak berujung di malam Tahun Baru.

3. Staycation di Hotel

Ide merayakan Tahun Baru 2024 anti-mainstream yang tetap seru meski jauh dari keramaian adalah staycation. Ternyata, tren staycation yang dilakukan oleh banyak wisatawan domestik ini turut menjadi salah satu upaya mendorong pemulihan okupansi kamar hotel.

Pasalnya, tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Indonesia pada September 2023 mencapai rata-rata 53,02%, atau naik 3,00 poin dibandingkan TPK September 2022 sebesar 50,02%.

Hal ini turut didukung dari data okupansi hotel selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 yang mencapai 100% di kota-kota besar seperti Yogyakarta, Solo, Bandung, dan Bali. Selain itu, tingkat okupansi di wilayah Pesisir Selatan dan Utara Pulau Jawa mencapai 80-90%.

4. Movie Marathon

Jika terlalu malas keluar rumah untuk merayakan Tahun Baru, Anda bisa coba menghabiskan malam Tahun Baru dengan movie marathon di rumah, yakni kegiatan menonton film tanpa henti bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Anda dapat mencoba menonton film lokal Indonesia, mengingat saat ini sudah banyak film bangsa yang sukses bersaing dengan berbagai film-film internasional dan banyak yang mendapat penghargaan film internasional.

Genre film asli Indonesia juga sangat komplet, mulai dari genre romantis, horor atau thriller, bertema superhero, hingga film-film bertema perjuangan. (Syahra Fauzia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper