Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kominfo Buka Suara soal 3 Mic Gibran di Debat Cawapres, Minta Masyarakat Cek Ini

Kominfo akhirnya buka suara soal 3 mic yang dipakai Gibran Rakabuming Raka di debat Cawapres 22 Desember 2023 lalu.
Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres 2024
Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres 2024

Bisnis.com, JAKARTA - Kominfo akhirnya buka suara soal 3 mic yang dipakai Gibran Rakabuming Raka di debat Cawapres 22 Desember 2023 lalu.

Seperti diketahui, Gibran viral di debat Cawapres kemarin bukan hanya karena tampil di luar dugaan, namun juga karena adanya tiga mic yang dia pakai.

Dari penelusuran Bisnis di Twitter, ada tiga hal yang membuat beberapa warganet menuduh Cawapres nomor urut 2 tersebut melakukan kecurangan di debat Cawapres.

Tuduhan pertama diunggah oleh Roy Suryo. Dalam unggahan Twitternya yang saat ini sudah tidak tersedia, Roy Suryo mempertanyakan fungsi tiga mic yang dipakai Gibran.

Diketahui, Wali Kota Solo tersebut sudah menggunakan mic yang dipasang di telinga, clip on dan mic standar. Meski demikian, tuduhan tersebut telah secara tegas dibantah oleh KPU.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pun membantah hal tersebut. Hasyim menekankan jika semua alat itu merupakan mikrofon.

"Semua cawapres pake alat yang sama. Semua cawapres pake 3 mic untuk antisipasi ada mic yang mati," kata Hasyim dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).

"Bukan ear feeder. Itu mic yang ditempel di pipi dan dicantolin di kuping," sambungnya.

Kemudian, tuduhan kedua datang dengan menyertakan foto ada "sesuatu" berbentuk kotak di belakang Gibran saat debat Cawapres berlangsung.

Sementara tuduhan lain menyebut Gibran mengunakan prompter untuk bisa menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan kubu lawan dengan mulus.

Bukan hanya ketua KPU, Kominfo pun telah buka suara soal simpang siur kabar tersebut. Dilansir dari situs resminya, Kominfo tegas mengatakan bahwa kabar tersebut hanyalah hoaks.

"Faktanya, cawapres nomor urut 01, Muhaimin Iskandar, serta cawapres nomor urut 03, Mahfud MD, juga menggunakan alat yang sama dengan yang digunakan oleh cawapres nomor 2, Gibran Rakabuming Raka pada sesi Debat Cawapres Pilpres 2024 yang dilaksanakan pada 22 Desember 2023," bunyi keterangan Kominfo.

Bukan hanya itu, Kominfo juga menyertakan bukti di mana meminta masyarakat cek tayangan YouTube KPU pada menit ke 1:43:54.

"Dilansir dari salah satu video YouTube milik KPU RI, pada 1:43:54, terlihat ketiga cawapres mengenakan alat yang sama, yaitu clip-on yang terpasang di dada dan mic di telinga," mereka menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper