Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Debat Cawapres, Intip Harta Kekayaan Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD

Berikut ini perbandingan harga kekayaan cawapres Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2022.
Pedagang menonton debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pedagang menonton debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK telah merilis Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2022, termasuk miliki para calon wakil presiden (cawapres). 

Masing-masing cawapres, baik itu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD tercatat memegang peran penting dalam pemerintahan pusat maupun daerah

Ketiga nama tersebut pun tercatat telah melaporkan LHKPN terbarunya atau periode 2022. Bahkan Gibran tercatat getol dalam melaporkan LHKPN 2022 sejak 30 januari 2023.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang merupakan cawapres dari nomor urut 3 melaporkan harta kekayaan periode 2022 pada 31 Maret 2023

Cawapres dari nomor urut 1, yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, melaporkan LHKPN 2022 paling akhir di antara dua nama lainnya, yakni pada 12 April 2023

Secara umum, harta kekayaan dari ketiga cawapres ini hampir setara dengan tidak lebih dari Rp30 miliar. 

Berikut Perbandingan Harta Kekayaan Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD:

Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Cak Imin yang maju bersama Anies Baswedan ini nyatanya memiliki harta kekayaan senilai Rp27,28 miliar. 

LHKPN yang dirilis dengan status dirinya sebagai Wakil Ketua DPR ini secara perinci, terbesar berada pada harga dengan jenis tanah dan bangunan, yang mencapai Rp24,7 miliar sebanyak 5 unit. 

Sementara Cak Imin tercatat melaporkan memiliki dua jenis kendaraan, yakni sepeda motor Piaggio dengan harga Rp9 juta, dan mobil Alphard seharga Rp250 juta. Di samping itu, Cak Imin terpantau memiliki tabungan senilai Rp2,15 miliar dan harga bergerak lainnya sejumlah Rp171,5 juta. 

Cak Imin tercatat tidak memiliki utang. 

Gibran Rakabuming Raka 

Harta kekayaan Gibran pada 2022 dengan status dirinya sebagai Walikota Surakarta atau Solo senilai Rp26,03 miliar. 

Gibran memiliki 7 unit tanah dan bangunan dengan nilai Rp17,34 miliar yang seluruhnya berada di Jawa Tengah. 

Cawapres dari nomor urut 2 yang masih berumur 36 tahun ini terpantau setidaknya memiliki 7 unit kendaraan senilai Rp332 juta. Tak tertulis mobil Alphard yang umumnya digunakan para pejabat. 

Di samping itu, tabungan miliki Gibran mencapai Rp3,1 miliar, lebih tinggi dari Cak Imin. Kemudian harga bergerak lainnya senilai Rp260 juta, dan harta lainnya senilai Rp5,5 miliar. 

Gibran tercatat memiliki utang senilai Rp551,58 juta. 

Mahfud MD 

Mahfud menjadi cawapres terkaya di antara dua nama lainnya, dengan harta kekayaan mencapai Rp29,54 miliar. 

Menko Polhukam ini tercatat memiliki 15 unit tanah dan/atau bangunan senilai Rp12,06 miliar. Harta kekayaan lainnya dirinya simpan sebagai tabungan dengan nilai Rp15,8 miliar. 

Sementara itu, Mahfud tercatat memiliki kendaraan dengan nilai paling mahal di antara cawapres lainnya, yaitu Rp1,5 miliar. Di mana mobil Toyota Alphard keluaran tahun 2018 menjadi yang termahal, dengan harga Rp900 juta. Adapun, harga bergerak lainnya di angka Rp180,5 juta. 

Meski demikian, Mahfud tercatat tidak memiliki utang. 

Sebagai informasi, ketiga cawapres ini akan melakukan debat perdana pada hari ini, Jumat (22/12/2023), pukul 19.00 WIB yang dilakukan secara luring di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC). 

Nantinya, mereka akan menyampaikan visi misi dan program kerja seputar ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, hingga perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper