Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Isu HAM, Akankah Debat Pertama Capres Berat untuk Prabowo?

Debat pertama Capres akan dihelat besok pada Selasa, 12 Desember 2023 malam WIB.
Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka / BISNIS - Surya Dua Artha
Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka / BISNIS - Surya Dua Artha

Bisnis.com, SOLO - Debat pertama Capres akan dihelat besok Selasa, 12 Desember 2023 malam WIB.

Pada debat Capres pertama ini, tema yang akan diangkat adalah Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Di media sosial Twitter, beberapa netizen "mengkhawatirkan" Prabowo Subianto dalam tema tersebut. Sebab meski menjabat sebagai Menhan, Prabowo lekat dengan isu pelanggaran HAM.

Apalagi, dua Capres lainnya tampak menanggapi tema pelanggaran HAM ini dengan santai.

Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1, Anies dan Cak Imin dengan tegas mengatakan bahwa pelanggaran HAM di masa lalu harus diungkap dan diselesaikan.

“Semua sejarah harus diungkap. Tidak boleh ada yang ditutupi, untuk apa? Agar tidak boleh terjadi pengulangan sejarah gelap, hitam yang akan terjadi di masa yang akan datang,” ujar Muhaimin di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Senin (4/12/2023).

Demikian juga dengan kubu Ganjar-Mahfud Md juga berencana menuntaskan persoalan tersebut.

Sementara itu, dalam visi dan misi Prabowo sebelumnya, tampak tak ada poin yang menyinggung dan memuat soal HAM.

Prabowo dan Gibran tidak mencantumkan program penyelesaian pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) masa lalu dalam visi-misi tersebut. 

Akankah tema ini memberatkan Prabowo?

Jawabannya belum tentu. Meski tak masuk ke dalam visi dan misi Prabowo-Gibran, namun Menteri Pertahanan RI tersebut dikabarkan akan tetap menyelesaikan pelanggaran HAM di masa lalu.

Bukan omong kosong, hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Bidang HAM dan Konstitusi TKN Prabowo-Gibran, Munafrizal Manan yang mengatakan bahwa persoalan tersebut akan diselesaikan untuk membuat lega para korban. 

“Korban juga masih kecewa, jadi kami tidak ingin membuat korban, warganya itu, mengalami luka dua kali; luka dengan peristiwanya dan luka dijanjikan tetapi tidak dilaksanakan," tutur Manan, Sabtu (2/12/2023) dikutip dari Antara.

Tema dan Format Debat Capres-Cawapres 2024

  • Tema debat pertama (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga
  • Tema debat kedua (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan
  • Tema debat ketiga (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik
  • Tema debat keempat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa
  • Tema debat kelima (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper