Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Sambangi Lokasi Pengungsi Letusan Gunung Marapi Naik Helikopter

Prabowo Subianto memiliki sejumlah agenda saat melakukan kunjungan ke Sumatera Barat pada Sabtu (9/12/2023).
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Calon Presiden Prabowo Subianto./ Antara
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Calon Presiden Prabowo Subianto./ Antara

Bisnis.com, SOLO - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, diketahui melakukan kunjungan ke Sumatera Barat pada Sabtu (9/12/2023). 

Kunjungan tersebut juga didampaingi oleh Andre Rosiade, di mana keduanya datang menggunakan helikopter TNI AU dan mendarat di Lanud Sutan Syahrir, Kota Padang.

Prabowo pun diketahui memiliki sejumlah agenda saat berada di Sumatera Barat yakni mengunjungi Pasar Raya Padang dan datang ke posko pengungsian korban urupsi Gunung Marapi. 

Saat berada di kawasan Pasar Raya Padang, Prabowo sempat meminta maaf kepada masyarakat karena telah membuat macet. Di hadapan ribuan orang, ia mengatakan akan menuntaskan kemiskinan di Indonesia. 

"Kemiskinan perlu dihilangkan. Ini janji saya, karena kekayaan di Indonesia dinikmati bersama," katanya di Padang, Sabtu (9/12).

Menurutnya hal yang bisa dilakukan untuk menekan kemiskinan itu adalah memulai perekonomian para pedagang UMKM. Hal yang perlu dilakukan yakni infrastruktur di pasar harus bagus dan layak.

Melansir dari situs resmi Kemhan, Prabowo juga memberikan santunan kepada ahli waris korban erupsi Gunung Marapi.

Menhan Prabowo melihat kondisi dapur umum dan Posko Pelayanan Kesehatan. Menhan ingin memastikan bahwa warga yang mengungsi tertangani dengan baik, dan terpenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan konsumsi, ketersediaan air bersih, fasilitas kesehatan, seperti obat-obatan dan tenaga kesehatan.

Dirinya juga melakukan pengecekan terhadap keamanan relokasi pengungsian khususnya untuk anak-anak dan orang tua yang lanjut usia.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas nama pemerintah kepada semua petugas, semua pihak yang telah bekerja keras membantu menyelamatkan para korban, membawa jenazah dan yang masih terluka,” kata Menhan, dikutip dari www.kemhan.go.id, Minggu. 

“Dengan kerja keras saudara-saudara dan rasa tanggung jawab semua pihak kita bisa mengatasi semua kesulitan,” sambungnya.

Tak hanya meninjau korban erupsi, Prabowo juga menyerahkan bantuan 35 unit sepeda motor untuk prajurit TNI dan Polri.

Mendapat kritik di media sosial 

Dalam kunjungannya ke Sumatera Barat ini, Prabowo Subianto mendapat kritik dari netizen di media sosial. 

Ia yang tiba di Padang menggunakan helikopter TNI AU, dinilai menggunakan fasilitas negara untuk melakukan kampanye. Pasalnya saat itu ia memang sedang memiliki agenda kampanye di Pasar Raya Padang. 

Kampanye Prabowo turut didampingi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Andre Rosiade, Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Mulyadi, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Padang, Verry Mulyadi hingga Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Namun yang menjadi rancu adalah di saat yang bersamaan beliau juga melakukan kunjungan kerja ke posko pengungsian korban urupsi Gunung Marapi. 

Sebelumnya, Prabowo Subianto berjanji dirinya tidak akan menggunakan faslilitas negara untuk berkampanye pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikannya, mengingat saat ini dirinya masih berstatus Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

"Tidak perlu kita pakai sarana dan prasarana pemerintah," kata Prabowo pada 23 Oktober 2023 lalu.

Kepada wartawan ia juga mengaku tak menggunakan fasilitas negara selama bukan keperntingan dinas.

"Selama bukan kepentingan dinas, saya juga pakai sarana dan prasarana sendiri. Kita dewasa, kita memberikan contoh," kata Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper