Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Taklukkan Wilayah Utara, Pasukan Israel Akan Serang Hamas di Gaza Selatan

Israel mengeluarkan peringatan baru kepada warga Palestina di kota Selatan Khan Younis untuk pindah ke Barat agar terhindar dari serangan.
Pasukan Israel menyerang wilayah Gaza, Palestina./ Times of Israel
Pasukan Israel menyerang wilayah Gaza, Palestina./ Times of Israel

Bisnis.com, JAKARTA - Israel mengeluarkan peringatan baru kepada warga Palestina di kota Selatan Khan Younis untuk pindah ke Barat agar terhindar dari serangan dan lebih dekat dengan bantuan kemanusiaan. Ini merupakan indikasi terbaru bahwa Israel berencana menyerang Hamas di Selatan Gaza setelah berhasil menaklukkan wilayah Utara.

“Saya tahu ini tidak mudah bagi banyak dari mereka, tapi kami tidak ingin melihat warga sipil terjebak dalam baku tembak,” ujar Mark Regev, ajudan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, melansir CNA, Sabtu (18/11/2023).

Tindakan seperti itu dapat memaksa ratusan ribu warga Palestina yang melarikan diri ke Selatan akibat serangan Israel di Kota Gaza untuk pindah lagi, bersama dengan penduduk kota Khan Younis di Selatan, sehingga memperburuk krisis kemanusiaan yang mengerikan.

Khan Younis memiliki populasi lebih dari 400.000 jiwa.

Israel bersumpah untuk memusnahkan kelompok militan Hamas yang menguasai Jalur Gaza menyusul serangan pada 7 Oktober di Israel yang menewaskan 1.200 orang dan menyeret 240 sandera ke wilayah kantong tersebut.

Sejak itu, Israel telah mengebom sebagian besar Kota Gaza hingga hancur, memerintahkan depopulasi di seluruh bagian utara wilayah kantong tersebut dan menyebabkan sekitar dua pertiga dari 2,3 juta warga Palestina di jalur tersebut kehilangan tempat tinggal.

Banyak dari mereka yang melarikan diri khawatir pengungsian mereka akan menjadi permanen.

Otoritas kesehatan Gaza mengumumkan jumlah korban tewas pada hari Jumat menjadi lebih dari 12.000 orang, 5.000 di antaranya adalah anak-anak. PBB menganggap angka-angka tersebut dapat dipercaya, meskipun angka-angka tersebut sekarang jarang diperbarui karena sulitnya mengumpulkan informasi.

Israel pada Kamis (16/11/2023) malam menyebarkan selebaran di wilayah Timur Khan Younis yang meminta masyarakat mengungsi ke tempat penampungan, yang menunjukkan bahwa operasi militer di sana akan segera terjadi.

Regev mengatakan bahwa Pasukan Pertahanan Israel harus maju ke kota untuk mengusir pejuang Hamas dari terowongan bawah tanah dan bunker, namun tidak ada “infrastruktur besar” seperti itu di wilayah yang kurang dibangun di sebelah barat.

“Saya yakin mereka tidak perlu pindah lagi” jika mereka pindah ke Barat, lanjutnya.

Kami meminta mereka untuk pindah ke daerah yang diharapkan terdapat tenda dan rumah sakit lapangan, tambahnya.

​Karena wilayah Barat lebih dekat dengan perbatasan Rafah dengan Mesir, bantuan kemanusiaan dapat didatangkan secepat mungkin, katanya.

Pengiriman Bahan Bakar

Ketika perang memasuki minggu ketujuh, tidak ada tanda-tanda akan berhenti meskipun ada seruan internasional untuk gencatan senjata atau setidaknya jeda kemanusiaan.

“Kami telah mempersiapkan diri untuk pertahanan jangka panjang dan berkelanjutan dari segala arah. Semakin lama pasukan pendudukan berada di Gaza, semakin besar kerugian mereka,” kata Abu Ubaida, juru bicara sayap bersenjata Hamas, dalam sebuah pernyataan video.

Di tengah peringatan bahwa pengepungannya akan menyebabkan kelaparan dan penyakit, Israel pada hari Jumat (17/11/2023), tampaknya tunduk pada tekanan internasional, setuju untuk mengizinkan truk bahan bakar masuk ke Gaza dan berjanji tidak ada batasan atas bantuan yang diminta oleh PBB.

Israel mengatakan pihaknya akan mengizinkan dua truk penuh bahan bakar sehari atas permintaan Washington untuk membantu PBB memenuhi kebutuhan dasar, dan berbicara tentang rencana untuk meningkatkan bantuan secara lebih luas.

“Kami akan meningkatkan kapasitas konvoi dan truk kemanusiaan selama diperlukan,” Kolonel Elad Goren, dari COGAT, badan kementerian pertahanan yang mengoordinasikan masalah administratif dengan Palestina, dalam sebuah pengarahan.

Meskipun Israel telah berjanji untuk mengizinkan bantuan pada masa lalu, pernyataan tersebut tampaknya menandakan adanya perubahan setelah badan-badan PBB memperingatkan bahwa kondisi kemanusiaan di Gaza dengan cepat memburuk, termasuk peringatan keras dari Program Pangan Dunia (WFP) mengenai kemungkinan terjadinya kelaparan.

Di rumah sakit terbesar di Gaza, Al Shifa, Israel mengatakan dalam dua hari pasukannya telah menemukan sebuah kendaraan dengan sejumlah besar senjata dan sebuah bangunan bawah tanah yang disebut terowongan Hamas.

Fasilitas tersebut telah menjadi target utama serangan darat Israel dan menjadi fokus perhatian internasional atas krisis kemanusiaan yang semakin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper