Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Gempa Mematikan di Nepal Sejak 2015

Gempa Nepal mencatatkan kematian ratusan orang, berikut sejarah gempa mematikan di Nepal
Gempa Nepal/Reuters
Gempa Nepal/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Nepal di Himalaya dilanda gempa bumi pada hari Jumat yang menewaskan lebih dari 150 orang dan puluhan lainnya luka-luka.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah.

Negara bergunung-gunung yang terjepit di antara negara-negara besar di Asia, Tiongkok dan India, sering dilanda gempa bumi.

Gempa paling mematikan tercatat pada tahun 2015 ketika sekitar 9.000 orang tewas dalam dua gempa bumi.

Seluruh kota, kuil berusia berabad-abad, dan situs bersejarah lainnya hancur menjadi puing-puing, dengan lebih dari 1 juta rumah hancur, dengan kerugian ekonomi sebesar $6 miliar.

Berikut adalah rincian gempa mematikan di Nepal sejak tahun 2015.

3 November 2023

Sedikitnya 128 orang tewas dan puluhan luka-luka ketika gempa kuat melanda wilayah barat Jajarkot. Rumah-rumah di daerah tersebut runtuh dan bangunan-bangunan di ibu kota New Delhi di negara tetangga India berguncang. Pusat Penelitian Geosains Jerman mengukur gempa berkekuatan 5,7 skala Richter, sedangkan Survei Geologi AS memperkirakan gempa berkekuatan 5,6 skala Richter.

3 Oktober 2023

Dua gempa bumi mengguncang Nepal bagian barat, melukai 17 orang, merusak rumah dan memicu tanah longsor yang menghalangi jalan raya utama. Tanah longsor pasca gempa berkekuatan 6,3 dan 5,3 skala richter di distrik Bajhang, yang berbatasan dengan India, menghalangi jalan menuju dataran selatan.

24 Januari 2023

Setidaknya satu orang tewas dan lebih dari dua lusin rumah rusak di distrik terpencil Nepal setelah gempa berkekuatan 5,6 skala Richter. Getarannya terasa hingga New Delhi.

12 November 2022

Gempa bumi berkekuatan 5,4 melanda Nepal, mengguncang rumah-rumah di negara Himalaya dan India.

9 November 2022

Gempa bumi di Nepal bagian barat menewaskan sedikitnya enam penduduk desa, empat di antaranya adalah anak-anak, sementara gempa tersebut menghancurkan rumah-rumah dari lumpur dan batu bata di komunitas terpencil yang tinggal di kaki pegunungan Himalaya.

16 September 2020

Gempa bumi berkekuatan 6 magnitudo melanda Nepal dan getaran akibat gempa tersebut terasa hingga ibu kota, Kathmandu.

APRIL DAN MEI 2015

Gempa bumi terburuk dalam sejarah Nepal terjadi empat menit sebelum tengah hari pada tanggal 25 April. Gempa tersebut berkekuatan 7,8 skala richter dan diikuti oleh gempa kedua 17 hari kemudian, menewaskan total 9.000 orang.

Gempa bumi paling mematikan yang pernah melanda negara itu, pada tahun 1934, menewaskan sedikitnya 8.519 orang di Nepal, serta ribuan lainnya di India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper