Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eko Sulistyo Siap Mundur dari Komisaris PLN setelah Gabung TPN Ganjar-Mahfud

Komisaris PT PLN Eko Sulistyo akan mengundurkan diri dari jabatannya seusai ditunjuk menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.
Eko Sulistyo/Istimewa
Eko Sulistyo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Komisaris PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) Eko Sulistyo akan mengundurkan diri dari jabatannya usai ditunjuk menjadi wakil ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Eko mengungkapkan akan langsung mengurus surat pengunduran diri pada hari ini, Kamis (26/10/2023)

"Saya baru ditunjuk kemarin, jadi saya per-hari ini akan urus surat pengunduran dari [sebagai] Komisaris PT PLN ke BUMN. Mohon doa restunya," ujar Eko kepada Bisnis, Kamis (26/10/2023).

Sebagai informasi, UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) melarang seorang yang menjabat komisaris BUMN menjadi tim kampanye salah satu calon tertentu dalam ajang pemilu.

Pasal 280 ayat (2) huruf d UU Pemilu menyebutkan: Pelaksana dan/atau tim kampanye dalam kegiatan Kampanye Pemilu dilarang mengikutsertakan: ... direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah.

Sebelumnya, Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid mengumumkan penambahan sejumlah anggota baru di TPN Ganjar-Mahfud. Dari enam anggota baru, salah satunya ialah Eko Sulistyo.

"Eko Sulistyo bergabung bersama kami sebagai Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud," kata Arsjad di Gedung HighEnd, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Eko Sulistyo dikenal sebagai loyalis Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia merupakan Komisaris PT PLN sejak 2019.

Sebelumnya, Eko menjabat sebagai Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Kepresidenan. Eko dikenal sebagai orang yang dekat Jokowi sejak di Solo, karena meniti karir sebagai Konsultan Dinas Tata Ruang Kota Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper