Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adu Sepak Terjang Rosan Roeslani vs Arsjad Rasjid yang Jadi Ketua Pemenangan

Berikut profil masing-masing Ketua Tim Pemenangan dari Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran.
Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani di sela-sela KTT Asean ke-43 di Hall B JCC, Jakarta, Selasa (5/9/2023)./Bisnis-Ni Luh Anggela
Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani di sela-sela KTT Asean ke-43 di Hall B JCC, Jakarta, Selasa (5/9/2023)./Bisnis-Ni Luh Anggela

Bisnis.com, JAKARTA - Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi menunjuk Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani menjadi ketua tim pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan bakal calon presiden, Prabowo Subianto dalam serangkaian acara pendaftaran dirinya dan Gibran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Yang saya hormati, bapak Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo di Indonesia Arena, Rabu (25/10/2023).

Menariknya, Rosan yang merupakan eks Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015-2020 bakal dihadapkan dengan Ketua Kadin periode saat ini, Arsjad Rasjid.

Sebagaimana diketahui, Arsjad menjadi ketua Tim Pemenang Nasional (TPN) Ganjar Presiden setelah ditunjuk oleh koalisi pengusung Ganjar. Arsjad terpilih jadi ketua TPN Ganjar karena dinilai memiliki jiwa muda, pengetahuan yang luas, dan memiliki jaringan yang luas.

Lantas, bagaimana kedua profil ketua tim pemenangan Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran ini?

Roesan Roeslani

Mengutip laman resmi Pertamina, Roesan Roeslani lahir pada 31 Desember 1968. Dia merupakan lulusan S1 Keuangan di Oklahoma State University, Stillwater, Oklahoma (1988-1992). Dia juga mendapat gelar S2 MBA dari European University, Antwerpen, Belgia (1993-1994).

Dalam perjalanan karirnya, Rosan juga pernah terpilih sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) untuk periode 2015 - 2020. Di sela-sela dia menjabat sebagai ketum Kadin, Rosan kala itu sempat membantu dalam pemenuhan vaksin saat pandemi Covid-19.

Selain itu, dia tercatat pernah menduduki posisi Presiden Komisaris dan Komisaris Independen PT Bumi Resources Tbk, serta pendiri dan Presiden Direktur PT Recapital Advisors.

Adapun, Rosan menjabat sebagai Dubes ke-21 Republik Indonesia untuk Amerika Serikat yang dilantik pada 25 Oktober 2021. Selain menjabat Wamen BUMN, Rosan Roeslani ditetapkan menjadi Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) sejak 25 Juli 2023.

Arsjad Rasjid

Sementara itu, Arsjad lahir di Jakarta pada 16 Maret 1970. Dia merupakan anak dari pasangan purnawirawan TNI AD H.M.N. Rasjid dan Suniawati. Ayahnya berdarah Palembang, sedangkan ibunya berdarah Sunda-Tionghoa.

Mengutip Arsjadrasjid.com, pada 1990 Arsjad menimba ilmu di University of Southern California di bidang Computer Engineering. Kemudian, melanjutkan Pendidikan pada 1993 di bidang Administrasi Bisnis di Pepperdine University, California, Amerika Serikat (AS) dan memperoleh gelar Bachelor of Science.

Dia juga menyelesaikan program Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century di Jackson Institute for Global Affairs, Yale University AS.

Pada 2012, dia menyelesaikan program Executive Education Global Leadership and Public Policy for the 21st Century di Harvard Kennedy School AS. Pada 2013 Arsjad menyelesaikan Executive Education on Impacting Investing di Said Business School, University of Oxford, Inggris.

Tak berhenti di situ...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper