Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmikan Bandara Baru, Jokowi Harap Mentawai jadi Surga Wisata Selancar

Presiden Joko Widodo berharap kehadiran Bandar Udara (Bandara) Mentawai akan mempermudah mobilitas masyarakat dan meningkat.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dok BPMI Setpres
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dok BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kehadiran Bandar Udara (Bandara) Mentawai akan mempermudah mobilitas masyarakat dan meningkatkan potensi pariwisata.

Hal ini dia sampaikan saat meresmikan Bandar Udara Mentawai di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat, pada Rabu (25/10/2023).

Jokowi berharap pariwisata selancar atau surfing akan makin berkembang dengan kehadiran Bandara Mentawai. Bandara Mentawai sudah bisa didarati oleh pesawat jenis ATR sehingga jumlah turis pun diharapkan terdongkrak naik.

"Kita harapkan wisata surfing akan makin berkembang, dan juga mungkin pesawat-pesawat dari luar negeri yang berkaitan dengan surfing nanti juga bisa langsung mendarat, baik di Padang maupun di Pulau Mentawai," jelasnya.

Untuk diketahui, Bandara Mentawai sendiri merupakan salah satu bandara terluar di Tanah Air. Bandara Mentawai akan menggantikan bandara yang sudah ada sebelumnya, yaitu Bandara Rokot Sipora yang panjang landas pacu atau runway-nya hanya 850 meter sehingga hanya bisa didarati oleh pesawat Cessna berkapasitas 12 orang.

Kepala Negara pun meyakini bahwa kehadiran Bandara Mentawai akan memberikan efek berganda bagi masyarakat karena akses yang makin terbuka. Presiden berharap usaha-usaha baru akan tumbuh yang pada akhirnya akan bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat.

"Saya yakin dengan makin terbukanya akses suatu daerah, konektivitas yang makin baik, masyarakat akan mendapatkan multiplier effect yang besar dan kesempatan untuk mengembangkan usaha-usaha barunya, dan ini yang kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan kita semuanya," ucapnya.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun mengaku bahwa terkait dengan infrastruktur lain tentunya masih butuh peningkatan, khususnya menara telekomunikasi atau base transceiver station (BTS).

Untuk itu, Jokowi mengatakan akan segera memberi instruksi kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi untuk mengurus segala permasalahan yang ada.

“Bandaranya sudah ada, tinggal didorong agar ada maskapai yang makin banyak datang ke Mentawai. Saya lihat kalau pembangunan infrastruktur jalan juga baik. Mungkin tadi ada keluhan mengenai BTS, nanti akan saya sampaikan ke Menkominfo,” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper