Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Detik-Detik Jelang Pengumuman Cawapres Ganjar Pranowo

PDIP berencana mengumumkan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo pada Rabu (18/10/2023).
Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua kiri) didampingi Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (kiri) memasuki gedung untuk rapat perdana di Gedung High End, Jakarta, Rabu (13/9/2023). Empat ketua umum partai pengusung Ganjar Pranowo menggelar rapat perdana yang membahas diantaranya pemantapan Tim Pemenangan Nasional (TPN) dan agenda-agenda strategis untuk Pemilu 2024. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.
Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua kiri) didampingi Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (kiri) memasuki gedung untuk rapat perdana di Gedung High End, Jakarta, Rabu (13/9/2023). Empat ketua umum partai pengusung Ganjar Pranowo menggelar rapat perdana yang membahas diantaranya pemantapan Tim Pemenangan Nasional (TPN) dan agenda-agenda strategis untuk Pemilu 2024. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDIP) berencana mengumumkan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo pada Rabu (18/10/2023).

Rencana ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto pada Selasa (17/10/2023). Sehari sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menegaskan bahwa dirinya sudah memilih bacawapres yang akan mendampingi Ganjar pada pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024.

Saat meresmikan 27 gedung kantor partai yang baru dibangun dan sejumlah bangunan historis baru seperti rumah sakit, jalan, dan patung Ir. Soekarno, Senin (16/11/2023), Megawati memastikan bahwa dirinya telah mempersiapkan bacawapres untuk Ganjar.

Menurut putri Proklamator Soekarno ini, bahwa dirinya  mempertimbangkan kepentingan negara dan rakyat Indonesia, bukan kepentingan PDIP maupun keluarganya saat memutuskan bacawapres. Oleh karena itu, dia menekankan bahwa dirinya tidak salah dalam memilih sosok bacawapres Ganjar.

“Saya telah mempertimbangkan dengan matang nanti siapa sosok yang paling tepat mendampingi Pak Ganjar Pranowo," kata Megawati.

Dia juga mengingatkan kader PDIP dan seluruh pihak untuk bersabar menunggu pengumuman bacawapres yang akan diusung, pasalnya menurut Presiden Keenam RI itu, dirinya telah diberi hak prerogratif dalam menentukan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024.

Selang sehari, Hasto mengabarkan bahwa bacawapres yang akan diusung PDIP, PPP, Partai Hanura dan Perindo diumumkan pada Rabu (18/10/2023).

Keputusan tersebut diambil setelah pimpinan PDIP melaporkan kepada Megawati terkait dinamika politik terkini, khususnya setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia capres-cawapres menjadi berusia 40 tahun atau pernah berpengalaman sebagai kepala daerah.

Sosok Berinisial M

Lalu, siapa bacawapres pilihan Megawati?

Di tengah kabar nama bacawapres untuk Ganjar bakal diumumkan, beredar foto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyambangi rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2023) malam.

Pada foto yang beredar, tampak Mahfud tengah bersama Megawati. Elite PDIP tidak merespons perihal pertemuan kedua tokoh itu. Kepastian pertemuan itu dibenarkan Tim Media Ganjar Pranowo Anton Sudibyo, bahwa ada pertemuan antara Mahfud dan Megawati di kediamannya pada Selasa (17/10/2023).

Hasto memang tidak menyebut siapa sosok bacawapres yang telah dipilih Megawati. Dia juga tidak menampik dan atau mengonfirmasi.

"Insialnya untuk Indonesia Raya," kata Hasto sambil tersenyum.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa pencermatan sosok bacawapres pendamping Ganjar ini sudah dilakukan Megawati sejak lama. Bahkan, Ketua Umum PDIP ini kerap melakukan pertemuan dengan sosok itu di ruang publik.

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy akhirnya mengungkap bahwa partainya telah berusaha mengajukan putra terbaik dengan segala kualifikasinya untuk mendampingi mantan Gubernur Jawa Tengah itu. Setidaknya ada dua nama yang diusulkan PPP ke PDIP untuk menjadi bacawapres, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Imam Besar Masjid Istiqlal  Nasaruddin Umar.

"Kami meyakini tokoh yang akan mendampingi Mas Ganjar adalah figur religius yang integritasnya sebagai pejabat publik sudah terentang lintas dekade. Di samping itu, pengalamannya yang lengkap berada di seluruh kamar trias politika, serta rekam jejak kebersihannya yang tanpa kompromi, akan sangat membantu Mas Ganjar untuk mewujudkan Indonesia hebat pada saatnya," katanya melalui keterangan pers, Selasa (17/10/2023).

Mantan Ketua Umum PPP masih enggan mengungkap siapa sosok bacawapres pendamping Ganjar. Namun, Wakil Ketua Umum Partai Hanura Benny Rhamdani mengungkap sosok cawapres pendamping Ganjar memiliki inisial M.

"Inisialnya M, jadi inisialnya M. Siapa M itu? Bisa Mas Mahfud MD, bisa Mas Gibran, Mas Erick Thohir, Mas Andika Perkasa," ujar Benny saat dihubungi, Selasa (17/10/2023).

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) ini memastikan Megawati, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo akan berkumpul di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat pada Rabu (18/10/2023).

Seperti diketahui, nama Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga mantan Panglima TNI Andika Perkasa santer diberitakan menjadi kandidat bacawapres untuk Ganjar. Namun, jika mengacu pada keterangan Romahurmuziy, maka Mahfud merupakan sosok yang paling mendekati ciri-ciri tersebut.

Mahfud merupakan satu-satunya figur yang berada di bursa cawapres Ganjar dengan pengalaman di tiga cabang kekuasaan berbeda.  Dia pernah menduduki jabatan legislatif atau menjadi anggota DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB (legislatif), lalu menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) (yudikatif), dan menjadi Menteri Pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid serta Menko Polhukam di era Presiden Joko Widodo (eksekutif).

Enggan Berkomentar

Mahfud masih enggan mengomentari kemungkinan dirinya menjadi bacawapres Ganjar, khususnya saat ditanya langsung oleh beberapa sejawatnya, termasuk oleh tokoh Nahdlatul Ulama (NU) asal Madura Islah Bahrawi.

Melansir Antara, di rumah dinas Mahfud, Jakarta, Selasa (17/10/2023) malam, Islah bersama beberapa orang lainnya, antara lain, kader PDIP Anang Hermansyah, menemui Mahfud dan berdiskusi selama kurang lebih dari 2 jam.

Islah, saat ditemui di depan rumah dinas, mengaku sempat menanyakan secara langsung kemungkinan Mahfud sebagai bacawapres.

"Saya hanya mengonfirmasi kepada Pak Mahfud. Apa ini akan betul ini isu cawapres. Pak Mahfud bilang, ya, kalau belum daftar ke KPU (Komisi Pemilihan Umum), saya tidak bisa memastikan," kata Islah menjawab pertanyaan wartawan.

Islah, yang juga Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia, menjelaskan bahwa isi obrolan dengan Mahfud hanya ngalor-ngidul dan tidak ada yang mengarah langsung pada kepastian soal cawapres.

Dia menjelaskan bahwa kepastian atas isu itu hanya akan muncul setelah deklarasi dan pendaftaran resmi ke KPU.

"Besok (18/10) itu ada deklarasi memang, Kamis (19/10) pendaftaran ke KPU. Sebelum itu semua terjadi enggak bisa dipastikan karena Pak Mahfud pernah mengalami hal yang sama, last minute dianulir. Nah, ini kita yang tidak mau mengalami kejadian yang sama. Jadi, Pak Mahfud juga tidak bisa memastikan. Yang jelas sampai betul-betul fix pendaftaran ke KPU baru itu kepastiannya. Kita lihat besok," kata dia.

Seperti diketahui, berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper