Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulus Menuju Cawapres Prabowo, Ini Rekam Jejak Gibran selama Jabat Wali Kota Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, digadang-gadang punya jalan mulus menjadi RI 2.
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat memberikan komentar soal Piala Dunia U-17 di Solo. ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat memberikan komentar soal Piala Dunia U-17 di Solo. ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Bisnis.com, SOLO - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, digadang-gadang punya jalan mulus menjadi RI 2. Hal tersebut setelah MK mengabulkan sebagian dari tuntutan batas usia Capres dan Cawapres pada Senin, 16 Oktober 2023.

Dengan adanya putusan MK terbaru, maka Gibran yang belum berusia 40 tahun tetap bisa mencalonkan diri sebagai Capres dan Cawapres. 

Sebab putra sulung Jokowi tersebut sudah memiliki pengalaman untuk memimpin Solo sebagai Wali Kota. Gibran sendiri resmi dilantik sebagai Wali Kota Solo oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 26 Februari 2021.

Meski baru dua tahun menjabat, tapi Gibran telah banyak memberikan dampak pada Kota Bengawan tersebut.

Hal ini bahkan membuatnya menjadi Wali Kota terpopuler pada tahun 2021 lalu. Gibran dinyatakan sebagai Wali Kota terpegah atau paling populer sepanjang 2021 oleh Indonesia Indicator (I2).

Perusahaan intelijen media itu menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mencatat pemberitaan tentang Gibran.

Tercatat, Gibran disebut sebanyak 28.779.574 kali di 6.470 media siber Tanah Air. Popularitas Gibran yang tinggi sering dikaitkan dengan ayahnya, Presiden Joko Widodo.

Namun pemberitaan terkait Gibran lebih didominasi kebijakan hingga aksi blusukannya dalam penanganan Covid-19.

Prestasi Gibran

Salah satu prestasi Gibran yang terlihat adalah keberhasilannya memoles Kota Solo menjadi sedemikian rupa.

Di bawah Gibran, beberapa hal yang sempat terlupa dari kepemimpinan sebelumnya dieksekusi dengan cukup baik. 

Gibran juga melakukan beberapa gebrakan pembangunan di Solo. Pada Januari 2022 misal, Pemkot Solo di bawah kendali Gibran merevitalisasi Pasar Legi.

Kemudian, Gibran juga merevitalisasi Taman Balekambang yang digadang bakal menjadi destinasi wisata layaknya Candi Borobudur di Magelang.

Bagi anak muda, keputusan Gibran merombak Pasar Malam Ngarsopuro dan koridor Gatot Subroto juga dinilai langkah yang cerdas.

Sebab sekarang, beberapa orang bahkan menyamakan Ngarsopuro dengan Jalan Malioboro Yogyakarta. Karena hal ini pula, beberapa tempat di Solo sering trending di TikTok.

Tak ketinggalan, Gibran juga merintis mega proyek fenomenal Masjid Syeikh Zayed dengan anggaran miliaran rupiah. Masjid hadiah Pangeran Uni Emirat Arab untuk Jokowi ini menjadi yang termegah di Solo.

Prestasi lain...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper