Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Afghanistan Tewaskan Lebih dari 2.000 Orang

Gempa bumi yang melanda Afghanistan pada Sabtu (7/10/2023) tercatat telah menewaskan sebanyak lebih dari 2.000 orang.
Gempa Afghanistan Tewaskan Lebih dari 2.000 Orang. Kota Kabul di Afghanistan./Istimewa
Gempa Afghanistan Tewaskan Lebih dari 2.000 Orang. Kota Kabul di Afghanistan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Gempa bumi yang terjadi di Afghanistan pada Sabtu (7/10/2023), dilaporkan membuat lebih dari 2.000 orang meninggal dunia. Sementara itu lebih dari 9.000 orang mengalami luka-luka.

Seperti dilaporkan Reuters, Minggu (10/8/2023), Pemerintahan Taliban melalui Kementerian Bencana menyebutkan sebanyak 2.053 orang meninggal dunia dan 9.240 orang luka-luka. Sementara itu, dampak lain dari gempa bumi itu adalah 1.320 rumah mengalami kerusakan bahkan hancur.

Sekadar informasi, gempa bumi yang terjadi di Afghanistan memiliki kekuatan 6,3 skala Richter. Catatan itu diperoleh dari laporan U.S. Geological Survey (USGS). Adapun titik gempanya berada di Afghanistan bagian barat, atau tepatnya 35 kilometer (km) sebelah barat laut Kota Herat.

Gempa tersebut disebut-sebut merupakan salah satu gempa paling mematikan di dunia dalam satu tahun ketika gempa di Turki dan Suriah menewaskan sekitar 50.000 orang pada Februari.

Janan Sayeeq, juru bicara Kementerian Bencana Afghanistan mengatakan, sebanyak sepuluh tim penyelamat diterjunkan di daerah yang berbatasan dengan Iran.

Lebih dari 200 orang tewas telah dibawa ke berbagai rumah sakit, kata seorang pejabat departemen kesehatan Herat yang mengidentifikasi dirinya sebagai Dr Danish, dan menambahkan sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

“Jenazah telah dibawa ke beberapa tempat seperti pangkalan militer, rumah sakit”, kata Danish.

Tempat tidur disiapkan di luar rumah sakit utama di Herat untuk menerima banyak korban, menurut foto di media sosial.

Makanan, air minum, obat-obatan, pakaian dan tenda sangat dibutuhkan untuk penyelamatan dan bantuan, Suhail Shaheen, Kepala Jantor politik Taliban di Qatar.

Menara-menara abad pertengahan Herat mengalami beberapa kerusakan, seperti yang ditunjukkan dalam foto-foto di media sosial, dengan retakan terlihat dan ubin-ubin berjatuhan.

Dikelilingi oleh pegunungan, Afghanistan memiliki sejarah gempa bumi yang kuat, sebagian besar terjadi di wilayah terjal Hindu Kush yang berbatasan dengan Pakistan.

Jumlah korban tewas sering kali meningkat ketika informasi datang dari daerah-daerah terpencil di Afghanistan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper