Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beredar Foto Ketua KPK Firli 'Nongkrong' Bareng Mentan SYL

Foto Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo beredar di tengah ramainya sorotan kasus pemerasan pimpinan KPK.
Foto Ketua KPK dan orang diduga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo./Istimewa
Foto Ketua KPK dan orang diduga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beredar di tengah isu dugaan pemerasan pimpinan KPK di Kementerian Pertanian (Kementan).

Sebelumnya, Polda Metro Jaya tengah menyelidiki aduan masyarakat terkait pemerasan Pimpinan KPK dalam menangani kasus di Kementan pada periode 2021. Dalam hal ini, enam orang diperiksa termasuk Mentan Syahrul.

Dalam foto yang diterima pada Jumat (6/10/2023), terlihat Firli mengenakan kaos, celana pendek dan lengkap dengan sepatu olah raga tengah duduk bersebelahan dengan Syahrul Limpo.

Sementara, mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu mengenakan kemeja bercorak dan celana jeans biru. Keduanya terlihat tengah mengobrol dengan ditemani cemilan jagung di dalam sebuah wadah.

Terkait hal ini, Bisnis telah mencoba mengklarifikasi kepada Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Firli hingga pihak Nasdem.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengaku bahwa tidak tahu menahu asal-usul foto pertemuan Ketua KPK Firli dan Syahrul.

"Waduh tidak tau pertemuan apa itu, dan dimana saya juga tidak mengerti," kata Ali saat dihubungi, Jumat (6/10/2023).

Sementara Ali Fikri belum menjawab pertanyaan Bisnis hingga berita ini diunggah.

Sebelumnya, dalam klarifikasi yang dilakukan Ketua KPK Firli menyampaikan dirinya memang kerap kali berolahraga untuk menjaga kesehatan. Dia juga membantah pernah bermain bulu tangkis dengan Syahrul Yasin.

"Ajudan saya hanya satu orang namanya Kevin, enggak ada yang lain. Mungkin rekan-rekan mengikuti, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran memang saya sering melaksanakan bulu tangkis setidaknya dua kali seminggu dan itu tempat terbuka," kata Firli kepada wartawan, Kamis (5/10/2023).

Kemudian, dia mengaku bahwa dalam pembicaraannya dengan Menteri Syahrul selalu dilakukan saat rapat terbatas hingga paripurna. Dengan demikian, dia membantah semua tuduhan pemerasan termasuk meminta uang US$1 miliar.

"Di Kementerian Pertanian, saya kenalnya hanya menteri, di saat rapat terbatas maupun sidang kabinet paripurna, saya selalu bicara pada menteri sebelum sidang, itu diambil fotonya," ujarnya.

Syahrul menuturkan bahwa seusai dari perjalanannya ke Eropa dia langsung dipanggil Polda Metro Jaya untuk memberikan keterangan terkait perkara ini.

"Semua yang saya tahu sudah saya sampaikan, dan secara terbuka saya sampaikan apa yang dibutuhkan penyidik, dia dihadapi oleh banyak banget tadi, dan prosesnya berlangsung cukup panjang hampir 3 jam. Saya capek banget, sementara saya baru pulang," tuturnya di Nasdem Tower.

Setelah dari Nasdem, Syahrul kemudian bertolak ke kompleks Istana Kepresidenan untuk mengajukan surat pengunduran diri dari Menteri Pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper