Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Amankan Anggota KKB Pembakar Sekolah di Papua, Usianya Baru 20 Tahun

Satuan Tugas Damai Cartenz 2023 Wilayah Kabupaten Puncak telah mengamankan satu orang angggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).
Update KKB Papua /Handout melalui REUTERS/File Foto
Update KKB Papua /Handout melalui REUTERS/File Foto

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Damai Cartenz 2023 Wilayah Kabupaten Puncak telah mengamankan satu orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno, mengatakan Satgas Damai Cartenz berhasil mengamankan 1 orang KKB di Ilaga Kabupaten Puncak dengan inisial AK (20).

"Kami telah berhasil mengamankan 1 orang anggota KKB di Ilaga atas nama A.K alias Artis jenis kelamin laki-laki beralamat Kampung Manggume Distrik Pomukia Kab. Puncak," kata Bayu dalam keterangannya, dikutip Senin (25/9/2023).

Lebih lanjut, Bayu menyampaikan bahwa penangkapan dilakukan pada Kamis (21/9/2023) dengan mengamankan sejumlah barang bukti dari tas hingga telepon genggam.

"Barang bukti yang berhasil kami amankan berupa 1 buah tas kecil, 3 buah kalung manik-manik, 1 buah botol minuman, 1 buah handphone merk Oppo, 1 buah pisau carter, 1 buah kalung besi dan 1 buah kalung mainan warna kuning," imbuhnya. 

Adapun, peran uang dilakukan oleh AK yaitu telah melakukan pembakaran rumah warga dan basecamp PT Unggul. Bahkan, pada Kamis (17/8/2023) AK telah melakukan pembakaran sekolah negeri di Ilaga.

"Berdasarkan hasil pemeriksaaan, bahwa peran dari saudara AK yaitu pembakaran rumah warga dan bascamp PT. Unggul (23/05/2023) yang lalu, peran yang kedua terlibat pembakaran SMA Negeri 1 Ilaga pada tanggal 17 Agustus 2023 lalu," pungkasnl Bayu.

Sementara itu, hingga saat ini yang bersangkutan masih dalam proses pemeriksaan di Polres Puncak untuk pengembangan lebih lanjut.

Di sisi lain, Kepala Satuan Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani mengatakan, Satgas Ops Damai Cartenz akan terus melakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya.

"Kami akan terus lakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif di Papua" uja Faizal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper