Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekilas Fakta Almarhum Soebronto Laras, Begawan Industri Otomotif Indonesia

Soebronto Laras tutup usia, Rabu (20/9/2023), pada umur 80 tahun. Berikut fakta-fakta kehidupan sang begawan otomotif Indonesia.
Sekilas Fakta Almarhum Soebronto Laras, Begawan Industri Otomotif Indonesia / BISNIS
Sekilas Fakta Almarhum Soebronto Laras, Begawan Industri Otomotif Indonesia / BISNIS

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS) Soebronto Laras tutup usia, Rabu (20/9/2023), pada umur 80 tahun. 

Soebronto menghembuskan nafas terakhirnya di RS Medistra, Jakarta. Pengusaha kondang di bidang industri otomotif itu lalu sempat disemayamkan di rumah duka di Jalan Bonang, Menteng, Jakarta Pusat, sebelum dimakamkan di TPU Karet Bivak. 

Pada sepanjang prosesi di rumah duka hingga pemakaman, berbagai tokoh terlihat mendatangi almarhum seperti mantan CEO Indosat Oreedo Chris Kanter, mantan Menteri Perindustrian MS Hidayat, serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Kabar duka berpulangnya pria yang juga merupakan Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika itu awalnya diterima melalui pesan singkat pada Rabu malam. 

"Innalillahi wainailaihi rojiun. Telah meninggal dunia Bp.Soebronto Laras ayahanda Nace Laras, malam ini di RS Medistra. Semoga alm. diterima semua amal ibadahnya, dilapangkan & diterangkan kuburnya. Aamiin," demikian bunyi pesan yang diterima Bisnis

Soebronto Laras, seorang pengusaha ternama di bidang industri otomotif Indonesia, meninggal dunia pada usia 80 tahun pada tanggal 20 September 2023.

Berikut adalah beberapa fakta terkait dengan kehidupan dan berpulangnya Soebronto Laras:

Meninggal di Usia 80 Tahun

Pria kelahiran 5 Oktober 1943 di Jakarta meninggal dunia pada usia 80 tahun. Almarhum dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta Pusat.

Dikenang Sebagai Pengusaha Hebat dan Ramah

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W. Kamdani dan Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group Hariyadi Sukamdani mengenal almarhum sebagai sosok pengusaha yang hebat. Bahkan, Shinta menganggap almarhum sebagai mentor berbisnis dengan menggunakan hati.

Selain dikenal sebagai pengusaha hebat, Soebronto dikenang sebagai sosok yang baik hati. Pengakuan itu disampaikan oleh para tetangga rumahnya.

Almarhum Soebronto Laras terkenal sebagai sosok yang ramah dan sering bergaul dengan orang kampung serta menyumbang ke mushola dekat rumahnya.

Ibu Ati, salah satu tetangga mengatakan almarhum Soebronto Laras merupakan sosok yang ramah dan sering mampir ke warung kopinya untuk ngobrol-ngobrol baik pagi maupun sore hari.

Pendidikan dan Karir

Soebronto Laras adalah lulusan sarjana Teknik Mesin dari Paisley College di Skotlandia pada 1969. Dia juga memiliki Diploma of Business Administration dari Hendon College di London pada tahun 1972.

Selama karirnya, dia menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS) dan PT Indomobil Multi Jasa Tbk. (IMJS). Soebronto bergabung dengan Grup Indomobil pada 1976 sebagai Presiden Direktur.

Kontribusi di Industri Otomotif

Soebronto memiliki peran besar dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan tersebut memegang merek-merek otomotif terkenal di Indonesia, termasuk Audi, Datsun, Foton, Hino, Infiniti, John Deere, Kalmar, Manitou, Nissan, Renault, Renault Trucks, SDLG, Suzuki, Volkswagen, Volvo Bus, Volvo Construction Equipment, Volvo Trucks, dan Zoomlion.

Pengakuan di Dunia Usaha

Soebronto Laras dianggap sebagai sosok istimewa dan legenda dalam industri otomotif Indonesia. Salah satu warisannya adalah eksistensi Indomobil Group yang sukses memroduksi dan mendatangkan mobil-mobil berkualitas di Indonesia.

Peran di Industri Media

Selain berkecimpung di industri otomotif, Soebronto juga menjadi Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika, perusahaan yang merupakan penerbit Harian Bisnis Indonesia dan kanal media daring seperti Bisnis.com.

Kehidupan Pribadi

Soebronto Laras memiliki minat sejak kecil dalam aktivitas otomotif dan dikenal sebagai anak bengkel. Dia juga merupakan seorang pembalap, baik di sepeda motor maupun mobil. Dalam pemilihan kendaraan pribadinya, dia lebih memilih kendaraan yang sederhana, aman, dan hemat bahan bakar daripada mobil mewah dengan tenaga mesin besar.

Kehilangan Soebronto Laras merupakan duka yang dirasakan oleh dunia bisnis, khususnya dalam industri otomotif Indonesia, serta masyarakat yang menghormatinya sebagai salah satu tokoh terkemuka dalam industri tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper