Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahalnya Harga Pemakaman Warga Jakarta Tahun 2023, Capai Rp6,3 Miliar

Berikut adalah harga pemakaman di Jakarta, baik yang dikelola pemerintah ataupun sawasta.
Mahalnya harga pemakaman di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Mahalnya harga pemakaman di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, SOLO - Soebronto Laras meninggal dunia pada Kamis, 20 September 2023 dan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Soebronto Laras merupakan pendiri Indomobil sekaligus pemegang saham Bisnis Indonesia Group.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi kemarin, pemakaman almarhum Wakil Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group serta Founder Indomobil Group tersebut dihadiri oleh ratusan orang yang terdiri dari keluarga, kolega dan mitra kerja almarhum.

Pemakaman dimulai pulul 12.30 WIB hingga pukul 13.30 WIB. Prosesi pemakaman diawali dengan pidato dari keluarga hingga pembacaan doa, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemakaman almarhum Founder Indomobil Group.

TPU Karev Bivak merupakan salah satu pemakaman yang ada Jakarta. Biaya untuk pemakaman di TPU Karet Bivak dimulai dari Rp 7 jutaan.

Bicara soal pemakaman elit, masyarakat Jakarta perlu merogoh kocek yang cukup dalam jika meninggal.

Apalagi jika pemakaman yang digunakan merupakan milik pemerintah. Di Indonesia, sudah ada peraturan mengenai retribusi tanah makam di tiap daerahnya. 

Berikut adalah rincian retribusai tanah pemerintah DKI Jakarta:

Pemprov DKI Jakarta telah mengatur mengenai biaya pemakaman di DKI Jakarta dalam Perda DKI Nomor 1 Tahun 2015. Biaya tersebut meliputi biaya sewa makam atau lahan selama 3 tahun.

Dilansir dari website resmi Pemprov DKI Jakarta, berikut adalah harga sewa tanah makam untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun:

Blok AA.I - Rp. 100.000,-

Blok AA.II - Rp. 80.000,-

Blok A.I - Rp. 60.000,-

Blok A.II - Rp. 40.000,-

Blok A.III - Rp. 0,-

Sebagai informasi, harga yang tertera tersebut merupakan tarif dari Pemprov DKI Jakarta. Namun, dalam praktiknya bisa saja ada tambahan biaya penyewaan alat perawatan dan kendaraan jenazah.

Sementara untuk biaya pemakaman yang dikelola oleh swasta, maka masyarakat Jakarta perlu mengeluarkan uang dengan tarif yang berbeda, tergantung pengelola yang dipilih.

1. San Diego Hills - Mulai Rp600 jutaan

Di Sandiago Hills, masyarakat perlu menyiapkan uang mulai dri Rp600 jutaan. Di sini, pemakaman tipe Single "dijual" dengan harga 64.476.000.

Itupun hanya berupa tanah makan untuk satu orang tanpa pembatas. Tipe kedua Semi Private dengan harga 458.700.000 dilengkapi dengan pembatas tembok dan tanaman.

Tipe ketiga Private dengan harga 1.091.750.000 dilengkapi dengan pembatas tembok dan aksesories makam berupa ornamen tertentu. 

Tipe keempat Paviliun dengan harga 1.601.600.000 sudah dilengkapi dengan bangunan gazebo dan batu nisan yang fleksibel.

Tipe terakhir Peak Estate dengan harga 6.364.462.500 dan mendapat fasilitas gazebo dan bebas untuk mendesain makam sesuai kemauan.

2. Al Azhar Memorial Garden - mulai dari Rp45 juta

Pemakaman kedua yang bisa dimanfaatkan adalah Al Azhar Memorial Garden. Ini merupakan pemakaman yang diperuntukan masyarakat muslim.

Dengan uang Rp45 juta, kamu akan mendapatkan tanah berukuran 1,5 x 3 meter dengan luas 4,5 meter persegi.

Sementara tipe termahal di Al Azhar Memorial Garden adalah RFA VAR 13 yang dijual dengan harga Rp1,9 miliar. Tipe ini memberikan tanah berukuran 13 m x 15 m dengan luas 195 meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper