Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRIN Siapkan Autonomous Vehicle untuk IKN

BRIN akan menyiapkan kendaraan otonom (autonomous vehicle) khusus di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023).  ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, KAB. BOGOR - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menyiapkan kendaraan otonom (autonomous vehicle) khusus di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Autonomous vehicle adalah kendaraan yang bisa berjalan sendiri, yang memiliki kemampuan memahami lingkungan sekitarnya dan menavigasi dirinya sendiri tanpa campur tangan manusia.

"Kami fokusnya ke kendaraan autonomous untuk personal, untuk area yang tertutup, seperti di bandara atau kebun raya. Termasuk nanti untuk IKN," kata kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam acara InaRI Expo 2023 di Cibinong, Jawa Barat pada Rabu (20/9/2023).

Hal ini dilakukan karena IKN akan didominasi infrastruktur berbasis pejalan kaki, pesepeda, dan kawasan ramah lingkungan lainnya.

Meskipun prototipenya masih diperuntukkan bagi perseorangan, dia menjamin kendaraan ini tidak akan mengeluarkan emisi.

"Setelah itu kita akan ganti semua mobil tidak boleh masuk, termasuk di kawasan ini [BRIN Cibinong]. Jadi mobil akan parkir di luar, lalu orang akan pakai kendaraan autonomous itu," katanya.

Adapun BRIN masih berada dalam tahap melisensikan prototipe kendaraan ini, sementara perwujudannya akan dilakukan oleh pihak ketiga.

"Rencananya lisensinya akhir tahun ini. Tetapi, riset kita tidak masuk ke electric vehicle yang full itu. Karena kalau itu kita akan face to face kompetisi dengan pemain global," ujar Handoko.

Sebelumnya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembali menggelar Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) 2023 di ICC Building, KST Soekarno, Cibinong, Jawa Barat pada Rabu (20/9/2023).

Acara ini turut terintegrasi dengan Indonesia Electric Motor Show (IEMS), yang merupakan pionir pameran kendaraan listrik di Indonesia dan tengah diselenggarakan untuk keempat kalinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper