Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbandingan Sikorsky S-70M Black Hawk vs Kamvov Ka-52, Helikopter Kesayangan Prabowo vs Putin

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto baru saja menyaksikan penandatangan Perjanjian Kerja Sama untuk pengadaan 24 helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk.
Sikorsky S-70M Black Hawk yang akan didatangkan Menhan Prabowo ke Indonesia.
Sikorsky S-70M Black Hawk yang akan didatangkan Menhan Prabowo ke Indonesia.

Bisnis.com, SOLO - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto baru saja menyaksikan penandatangan Perjanjian Kerja Sama untuk pengadaan 24 helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk pada 12 September 2023.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Dirut PTDI dengan Vice President of Global Business Development Sikorsky, Lockheed Martin.

Memang, kabar tentang Prabowo yang hendak membawa pulang helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk buatan AS sudah lama mengemuka.

Pembelian tersebut dilakukan setelah Kementerian Pertahanan Indonesia dan pembuat pesawat AS Boeing (BA.N) menandatangani perjanjian penjualan 24 jet tempur F-15EX.

Helikopter Black Hawk S-70M dan UH-60M memiliki dasar yang sama. Perbedaannya, terkait dengan sumber produksi, aplikasi, dan fitur-fitur khusus.

Black Hawk S-70M adalah versi yang diproduksi secara lisensi di luar Amerika Serikat yakni PZL Mielec, Polandia sebagai versi ekspor.

Sedangkan Black Hawk UH-60M adalah varian yang diproduksi secara langsung oleh Sikorsky, di Amerika Serikat. 

Sikorsky S-70 (UH-60/MH-60/SH-60) merupakan helikopter serbaguna medium bermesin ganda berkapasitas 14 Penumpang yang diproduksi oleh pabrikan Amerika, Sikorsky Aircraft.

Sebutan militer dari helikopter S-70A adalah UH-60 Blackhawk (US Army). Helikopter Angkatan Laut S-70B diberi nama MH-60 & SH-60 Seahawk.

Sebutan Penjaga Pantai AS adalah HH-60 / MH-60 Jayhawk. Bidang operasi utama helikopter sipil S-70 adalah pemadam kebakaran (S-70 Firehawk).

Mengutip informasi dari Lockheed Martin, harga satu unit helikopter Sikorsky S 70M Black Hawk US$10,2 juta atau sekitar Rp156 miliar.

Sikorsky S 70M Black Hawk adalah helikopter multiperan yang paling banyak digunakan oleh 34 angkatan bersenjata di seluruh dunia termasuk AS.

Sikorsky S 70M Black Hawk merupakan helikopter yang dikenal tangguh dan sudah bolak-balik menunjukkan kemampuannya di zona tempur selama 40 tahun terakhir.

Helikopter buatan Sikorsky Aircraft ini diklaim mampu melakukan berbagai misi, mulai dari misi di darat, laut hingga udara dengan kondisi apapun. Sikorsky S 70M Black Hawk diketahui memiliki kapasitas sekitar 4,6 ribu kilogram dan daya angkut sekitar 4,08 ribu kilogram.

Pada bagian sayap, Sikorsky S 70M Black Hawk dilengkapi slot untuk membawa senjata, roket, atau rudal. Helikopter ini juga dibekali sensor elekro optik yang mampu mengakurasi bidikan dengan tepat.

Di tengah kabar baik Indonesia mendapatkan alutsista berupa helikopter tempur baru Sikorsky S 70M Black Hawk, beberapa orang membandingkannya dengan spesifikasi Kamkov Ka-52 buatan Rusia.

Sebagai informasi, Kamkov Ka-52 merupakan helikopter berbahaya kebanggaan Vladimir Putin. Berikut adalah spesifikasi Kamkov Ka-52.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper