Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah 22 Tahun, AS Kembali Identifikasi 2 Korban Tewas Tragedi 9/11

AS kembal mengidentifikasi jenazah dua korban tewas dari serangan World Trade Center 22 tahun silam, atau yang dikenal dengan Tragedi 9/11.
Gedung World Trade Center di New York Amerika Serikat/guardian
Gedung World Trade Center di New York Amerika Serikat/guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat (AS) kembal mengidentifikasi jenazah dua korban tewas dari serangan World Trade Center 22 tahun silam, atau yang dikenal dengan Tragedi 9/11.

Dilansir CNN pada Senin (11/9/2023), hal ini merupakan identifikasi positif terbaru dalam upaya pengembalian sekitar 3.000 korban ke keluarga masing-masing selama puluhan tahun terakhir.

Dua jenazah tersebut terdiri dari seorang pria dan wanita, yang namanya dirahasiakan oleh otoritas setempat karena permintaan keluarga mereka.

Jason Graham, kepala pemeriksa medis New York, mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memenuhi “janji serius” mereka dalam mengembalikan jenazah semua korban serangan tersebut.

“Menghadapi penyelidikan forensik terbesar dan paling kompleks dalam sejarah AS, kami tidak gentar menjalani misi kami yang menggunakan kemajuan terbaru ilmu pengetahuan untuk memenuhi janji ini,” katanya.

Pemeriksa medis New York kini telah berhasil mengidentifikasi 1.649 korban Tragedi 9/11 melalui proses yang mengandalkan teknik pengurutan DNA dalam menguji potongan tubuh yang ditemukan di reruntuhan.

Kemajuan ini termasuk peningkatan sensitivitas tes dan waktu penyelesaian yang lebih cepat. Menurut pihak berwenang, hal ini memungkinkan pengidentifikasian DNA dari sisa-sisa jenazah yang bahkan telah dites dengan hasil negatif selama beberapa dekade.

Kendati demikian, upaya untuk mengidentifikasi sisa-sisa korban 9/11 telah melambat dalam beberapa tahun terakhir. Dua identifikasi positif ini adalah yang pertama sejak September 2021.

Adapun lebih dari 1.000 jenazah korban serangan 11 September 2001 tersebut belum dapat diidentifikasi. Mereka saat ini disimpan di National September 11 Memorial & Museum di situs World Trade Center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper