Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airbus Datangkan Pesawat A400M Pesanan Menhan Prabowo pada 2026

Airbus akan mendatangkan satu dari dua unit pesawat A400M yang dipesan Kementerian Pertahanan pada 2021 lalu.
Pesawat Airbus A400/Reuters-Christian Hartmann
Pesawat Airbus A400/Reuters-Christian Hartmann

Bisnis.com, JAKARTA - Airbus berencana mulai mengirimkan satu unit pesawat A400M pesanan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI pada 2026.

Airbus President Asia-Pacific Anand Stanley menuturkan, Kemenhan memesan total dua pesawat A400M dengan opsi tambahan empat unit. Hal ini menindaklanjuti pemesanan pesawat yang telah diteken pada pada 2021 lalu di sela-sela acara Dubai Airshow 2021.

Adapun, Kemenhan memesan sebanyak enam unit pesawat Airbus A400M ini untuk Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dalam konfigurasi multirole tanker dan transport. Pemerintah Indonesia menilai Airbus A400M merupakan pesawat multi-peran yang dapat meningkatkan kemampuan taktis udara TNI AU.

“Indonesia memesan 2 pesawat ini dengan opsi 4 pesawat lagi. Jadi 2 ditambah 4. Pesawat pertama dari 2 pesawat tersebut akan datang pada tahun 2026," ujarnya, Kamis (7/9/2023).

Stanley menjelaskan, pesawat Airbus A400M ini merupakan salah satu pesawat tercanggih dan berkemampuan tinggi di dunia dan TNI akan menjadi operator pesawat Airbus A400M kesepuluh di dunia.

Sementara itu, versi pesawat yang dipesan oleh TNI di Indonesia adalah pesawat tanker multi-peran dan pesawat angkut. Tipe pesawat ini dapat digunakan untuk transportasi pasukan, pencarian dan penyelamatan, pengisian bahan bakar pesawat lain. Selain itu, imbuh dia, pesawat ini juga dapat melakukan operasi taktis.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga menyebut selain kemampuan taktis dan udara ke udara, A400M akan menjadi aset nasional dan berperan penting untuk misi bantuan manusia dan tanggap bencana.

Pesawat ini pernah beberapa kali dipamerkan oleh Airbus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, yaitu pada Maret 2017, dan Agustus 2018. Adapun, pesawat A400M milik AU Prancis juga pernah dipakai utuk mengirim bantuan ke Lombok saat dilanda gempa bumi pada Agustus 2018 dan milik AU Malaysia pada gempa dan tsunami di Palu pada Oktober 2018.

Secara spesifikasi A400M mampu diandalkan untuk pengangkutan taktis dan pengiriman personel dan barang untuk pendaratan di berbagai medan. Untuk pengangkutan strategis, A400M dapat mengangkut barang-barang dan alat logistik yang berat dan berdimensi lebar. Ruang angkut maksimal pesawat ini dapat menampung beban hingga 37 ton.

A400M adalah airlifter besar pertama yang mampu mengangkut beban berat seperti truk bahan bakar berkapasitas 80 ton dan ekskavator.Selain itu, pesawat ini mampu mengangkut 116 personel dengan peralatan lengkap siap tempur, dan juga mampu mengangkut Patriot Launcher dan Hemtt Truck, 9 Palet Military beserta 54 personel sekaligus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper