Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Beli 12 Drone Tempur Rp4,5 Triliun dari Turki, Dapat Dibekali Rudal & Bom

Kementerian Pertahanan menyebut drone Anka dapat dilengkapi rudal atau bom sehingga efektif mengurangi risiko korban prajurit dalam pertempuran.
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Anka dari Turkish Aerospace/Twitter @Kemhan_RI
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Anka dari Turkish Aerospace/Twitter @Kemhan_RI

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI sepakat menjalin kerja sama dengan Turki untuk pengadaan 12 pesawat tanpa awak atau drone untuk modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) Indonesia.

Dikutip dari cuitan akun media sosial Kementerian Pertahanan @Kemhan_RI pada Minggu (20/8/2023), 12 unit pesawat nirawak Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Anka dari Turkish Aerospace memiliki panjang awak sekitar 8,6 meter, lebar sayap 17,5 meter, dan tinggi 3,25 meter.

Drone ini mampu melesat hingga kecepatan 88 knot dengan ketahanan di udara selama 30 jam dan daya angkut mencapai 350 kilogram. Selain itu, berat keseluruhan drone ini mencapai 1.700 kilogram.

Kemhan juga menuturkan bahwa 12 pesawat nirawak ini dapat dilengkapi dengan konfigurasi perangkat dan beberapa senjata yang mumpuni dalam pertempuran.

Konfigurasi perangkat dan senjata yang dapat dipasang di dalam drone buatan Turki ini, antara lain EO/IR SATCOM+Radio Relay, EO/IR+SATCOM+Laser Guided Smart Bombs and Missiles, EO/IR+SATCOM+SAR/ISAR/GMTI+AIS dan EO/IR+COMINT/DF+ESM/ELINT.

"Drone Anka tidak hanya memiliki banyak kemampuan, namun juga dapat dilengkapi rudal atau bom sehingga efektif mengurangi risiko korban prajurit dalam pertempuran," tulis akun @Kemhan_RI.

Adapun, nilai transaksi pembelian pesawat canggih ini mencapai US$300 juta atau setara dengan Rp4,5 triliun.

Mengutip siaran pers Turkish Aerospace, 12 drone tersebut akan dikirimkan dalam tiga sistem, 6 UAV untuk TNI Angkatan Udara, 3 UAV untuk TNI Angkatan Darat, dan 3 UAV untuk TNI Angkatan Laut.

Penandatanganan kesepakatan telah dilakukan sejak 2 Februari 2023 lalu. Kesepakatan ini juga memuat program offset dan transfer teknologi kepada industri dan universitas dalam negeri, dilanjutkan dengan konten lokal untuk perakitan akhir dan MRO. 

Pembelian drone tersebut menambah catatan belanja Kementerian Pertahanan setelah pada Januari menyepakati pembelian 12 jet tempur bekas dari Angkatan Udara Qatar, Mirage 2000-5, yang turut menuai kritikan karena dinilai sebagai armada yang tua.

Selain itu, pada Februari, Indonesia menyepakati pembelian 42 jet tempur Rafale seharga US$8,1 miliar yang akan dikirimkan secara bertahap dalam beberapa tahun.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan RI mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp135,33 triliun pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper