Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Pengangguran AS Melonjak 3,8 Persen

Melonjak hingga 3,8 persen tingkat pengangguran di AS, ini pemicunya
ilustrasi pengangguran di AS
ilustrasi pengangguran di AS

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan lapangan kerja Amerika Serikat (AS) meningkat pada Agustus 2023. Namun, tingkat pengangguran melonjak menjadi 3,8 persen dengan kenaikan upah yang melambat. 

Mengutip Reuters, Minggu (3/9/2023) data tersebut menunjukan bahwa kondisi pasar tenaga kerja mereda dan memperkuat ekspektasi bahwa bank sentral AS (The Fed) tidak akan menaikkan suku bunga minggu ini. 

Berdasarkan laporan ketenagakerjaan yang diawasi ketat dari Departemen Tenaga Kerja pada Jumat (1/9/2023) menunjukkan 736.000 orang memasuki pasar tenaga kerja bulan lalu.

Hal ini meningkatkan tingkat partisipasi dalam 3-1/2 tahun. Kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi tersebut mungkin menarik orang untuk kembali memasuki pasar tenaga kerja. 

Perekonomian juga menciptakan 110.000 lebih sedikit lapangan pekerjaan dibandingkan yang dilaporkan sebelumnya pada Juni-Juli 2023. Beberapa ekonom menunjukkan adanya penutupan bisnis yang tidak tercatat sebelumnya. 

Hal tersebut kemudian membuat lowongan pekerjaan turun ke level terendah dalam hampir 2-1/2 tahun pada Juli 2023. 

Pasar tenaga kerja AS sendiri melambat sebagai respon dari kenaikan suku bank sentral AS yang cukup besar, untuk mendinginkan permintaan dalam perekonomian. 

"Ini mungkin merupakan ‘paku terakhir di peti mati’ untuk peluang kenaikan suku bunga oleh The Fed pada bulan September," kata kepala ekonom di FWDBONDS di New York, Christopher Rupkey, 

Nonfarm Payrolls (NFP) meningkat sebanyak 187 ribu pekerjaan pada Agustus 2023, setelah naik 157 ribu pada Juli 2023. Pertumbuhan pekerjaan rata-rata sebesar 150 ribu per bulan selama tiga bulan terakhir, turun tajam dari 238 ribu dalam tiga bulan hingga Mei 2023. 

Para ekonom yang disurvei memperkirakan bahwa NFP akan meningkat sebesar 170 ribu pekerjaan bulan lalu. Namun, pertambahan lapangan kerja masih jauh di atas sekitar 100 ribu per bulan, yang dibutuhkan untuk mengimbangi peningkatan populasi usia kerja. 

Kemudian, pemogokan yang dilakukan para aktor Hollywood mengakibatkan penurunan 17 ribu pekerjaan di industri film dan rekaman suara pada Agustus 2023. Kebangkrutan perusahaan angkutan truk Yellow pada awal Agustus juga menyebabkan 37 ribu pekerjaan hilang di industri transportasi truk. 

Jika tidak ada pengurangan pekerjaan tersebut, maka jumlah pekerja akan meningkat sekitar 241 ribu di bulan Agustus 2023. 

Pemogokan yang dilakukan oleh para aktor Hollywood mengakibatkan penurunan 170 ribu pekerjaan di industri film dan rekaman suara pada bulan lalu. 

Kemudian, kebangkrutan perusahaan angkutan truk Yellow pada awal Agustus 2023 menyebabkan 37.000 pekerjaan hilang di industri transportasi truk. Tanpa ada pengurangan pekerjaan ini, jumlah pekerja akan meningkat sekitar 241 ribu pada Agustus 2023. 

"Ini masih bukan gambaran pasar tenaga kerja yang kita harapkan jika ekonomi berada dalam bahaya melambat secara dramatis dalam jangka pendek, meskipun tidak diragukan lagi ada tanda-tanda moderasi," jelas kepala investasi pendapatan tetap global di BlackRock, Rick Rieder. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper