Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekutu Makin Agresif, Jerman Kirim 10 Tank Leopard 1 ke Ukraina

Sekutu semakin agresif dalam membantu Ukraina dengan mengirim 10 tank tempur Leopard 1 ke Kyiv.
Tank Leopard./Bloomberg
Tank Leopard./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Sekutu Barat yang memihak Ukraina dalam perang melawan Rusia semakin agresif mengirimkan bantuan peralatan tempur ke Kyiv.

Melansir Kyiv Independent, Berlin telah mengirimkan 10 tank Leopard 1A5 ke Ukraina sebagai bagian dari paket bantuan militer terbarunya untuk Ukraina, kata pemerintah Jerman pada 30 Agustus.

Tahapan bantuan militer Jerman ke Ukraina tersebut juga mencakup pengiriman peralatan perang berupa radar pengawasan udara TRML-4D, 16 drone pengintai VECTOR.

Selain itu, Jerman juga mengirim empat truk pengangkut berat 8x8 HX81, bersama dengan empat semi-trailer, 13 juta butir amunisi senjata kecil, dan rumah sakit lapangan.

Awal tahun ini, Jerman mengumumkan bahwa bekerja sama dengan mitranya, mereka akan memberi Ukraina setidaknya 100 tank Leopard 1 yang lebih tua untuk membantu upayanya melawan agresi Rusia. 10 paket pertama dikirimkan pada 20 Juli.

Pada bulan Agustus, produsen senjata Jerman Rheinmetall membeli 50 tank Leopard 1 dari sebuah perusahaan swasta di Belgia, mengumumkan bahwa 30 di antaranya akan dikirim untuk memperkuat pasukan Kyiv.

Beberapa mitra Ukraina, termasuk Jerman, Belanda, dan Denmark, berencana membeli hampir 100 tank Leopard dari perusahaan Swiss untuk dikirim ke Ukraina.

Namun, Swiss telah memblokir penjualan tersebut, dengan alasan kebijakan netralitasnya berusaha untuk tidak memihak Ukraina maupun Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper