Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT BRICS 2023, Vladimir Putin Benar-benar Tak Datang

KTT BRICS 2023 hari pertama telah dilaksanakan pada Selasa 22 Agustus 2023 di Johannesburg, Gauteng, Afrika Selatan.
Konferensi Tingkat Tinggi BRICS./ Dok Bloomberg
Konferensi Tingkat Tinggi BRICS./ Dok Bloomberg

Bisnis.com, SOLO - KTT BRICS 2023 hari pertama telah dilaksanakan pada Selasa 22 Agustus 2023 di Johannesburg, Gauteng, Afrika Selatan.

Akan tetapi, dua pemimpin dunia yakni Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping sama-sama punya masalahnya masing-masing.

Dilansir dari Live Mint, perjalanan Putin ke Johannesburg diperumit oleh surat perintah Pengadilan Kriminal Internasional. Ia dituduh bertanggung jawab atas penangkapannya dan penculikan anak-anak dari Ukraina.

Karena surat perintah pengadilan ini, Putin jadi sulit untuk terbang ke manapaun. Akan tetapi kemarin, Putin memberikan pidatonya melalui panggilan video.

Bukan hanya sebentar, panggilan video yang dilakukan anggota KTT BROCS 2023 dengan Putin tersebut berlangsung selama 17 menit penuh.

Sementara itu, Presiden Xi yang berada di Afrika Selatan dan mengadakan pertemuan bilateral pagi hari dengan Presiden Cyril Ramaphosa sebelum lanjut ke KTT BRICS 2023.

Ini membuatnya terpaksa datang telat ke acara tersebut. Akan tapi, Menteri Perdagangan China Wang Wentao membacakan pidato Xi.

Xi disebut akan kembali datang hari ini, Rabu 23 Agustus 2023 dan bertemu Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Ramaphosa untuk membahas masalah perluasan.

Seperti diketahui, negara yang tergabung dalam BRICS meliputi Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. KTT BRICS sedang berlangsung di Afrika Selatan yang dimulai pada 22-24 Agustus 2023.

Adapun KTT BRICS telah mengundang lebih dari 50 pemimpin negara dunia dan kepala struktur eksekutif organisasi regional.

Banyaknya undangan itu, membuat KTT BRICS menjadi pertemuan terbesar para kepala negara dan pemerintahan negara-negara Selatan dalam beberapa tahun terakhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper