Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Pamerkan Peralatan Militer, Senjata Ini Paling Disorot

Kementerian Pertahanan Rusia menyelenggarakan pameran peralatan dan teknologi terbaru militer Rusia.
Tank T-90 Rusia di Suriah/Wikipedia
Tank T-90 Rusia di Suriah/Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan Rusia menyelenggarakan pameran peralatan dan teknologi terbaru militer Rusia.

Acara tersebut bagian dari upaya negara itu untuk meningkatkan patriotisme dan dukungan untuk invasi ke Ukraina dimulai pada Februari 2022.

ke Ukraina, itu juga menjadi bagian dari upaya negara itu untuk meningkatkan patriotisme dan dukungan untuk invasi, yang semakin digambarkan oleh Kremlin sebagai pertempuran eksistensial melawan NATO dan Barat semakin lama berlarut-larut.

Ini adalah tahun kedua di mana forum tersebut berlangsung dengan latar belakang perang di Ukraina, di mana pasukan Rusia, yang belum mencapai kemenangan besar di medan perang selama berbulan-bulan, saat ini mencoba untuk melawan serangan balik Ukraina yang keras.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menggunakan acara tersebut sebagai kesempatan untuk membanggakan keunggulan Rusia dalam persenjataan dan produksi militer dibandingkan dengan Ukraina dan sekutu Baratnya.

“Teknologi yang diiklankan secara luas di Barat ternyata jauh dari sempurna,” kata Shoigu pada upacara pembukaan forum tersebut. Dia juga mengklaim bahwa industri pertahanan Rusia tidak hanya beradaptasi dengan tekanan sanksi Barat tetapi juga meningkatkan kapasitasnya di area tertentu.

Menurut proyek OSINT Belanda, Oryx, Rusia semakin banyak mengerahkan tank-tank era Soviet yang sudah ketinggalan zaman seperti T-54, T-55 dan T-62 setelah kehilangan sejumlah besar kendaraannya yang lebih modern.

Kementerian Pertahanan mengklaim lebih dari 400 miliar rubel ($4,2 miliar) kontrak ditandatangani selama acara tahun ini dan mengatakan pasukan Rusia akan menerima lebih dari 2.500 jenis senjata dan peralatan khusus.

Menurut pejabat, 1.500 perusahaan Rusia dan 85 bisnis asing dari berbagai negara termasuk India, China dan Iran ikut serta dalam forum tersebut.

Forum ini dibuka untuk umum dalam tiga hari terakhirnya, menarik pengunjung dari seluruh Rusia, yang berbondong-bondong ke Taman Patriot di Kubinka, pinggiran kota Moskow, untuk melihat sekilas model-model terbaru di gudang senjata Rusia.

Di antara sorotan forum adalah tank T-14 Armata mutakhir, versi perbaikan dari pengangkut personel lapis baja BTR-82A, dan senjata artileri self-propelled 2S43 Malva yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper