Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wamenlu Paparkan 4 Isu Utama Asean Indo-Pasifik Forum

Wamenlu RI Pahala Mansury memberikan bocoran empat isu yang akan dibahas dalam Asean Indo-Pasifik Forum (AIPF).
Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury (kanan) disaksikan  Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto/JIBI/Bisnis-Dedi Gunawan.
Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury (kanan) disaksikan Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto/JIBI/Bisnis-Dedi Gunawan.

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Pahala Mansury mengungkap empat isu utama yang akan dibahas dalam Asean Indo-Pasifik Forum (AIPF). 

Dia menjelaskan bahwa empat isu yang akan dibahas itu antara lain, green infrastructure, sustainable financing, digital transformation, dan tourism and created cconomy. 

"Empat isu yang nanti akan dibahas, yaitu khususnya mengenai Green Infrastructure, Sustainable Financing, Digitalisasi ekosistem pembayaran, serta bagaimana kawasan Indo-Pasifik membangun tourism yang kolaborarif dan kreatif industry salah satu topik unik yang juga dibahas," katanya, saat konferensi pers kepada wartawan, pada Jumat (18/8/2023). 

Pahala menjelaskan bahwa AIPF ini akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 5 September 2023. "AIPF ini akan dibuka oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo dan akan dihadiri oleh para leaders yang akan dibuka pada tanggal 5 September 2023 pada pukul 13.30 sampai pukul 14.15 WIB," ujarnya. 

Selain itu dia menjelaskan bahwa nanti sebelum di buka secara khusus oleh Presiden RI, akan didahului oleh keynote speech dari Menteri BUMN Erick Thohir, kemudian Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pembukaan di Ballroom 2 dan 3.

"Kita berharap rekan-rekan media, khususnya official media bisnis akan siap jam 12.30 WIB di Ballroom, karena nanti Ballroom akan ditutup pada pukul 13.00 WIB," ucapnya. 

Sementara itu, dia menjelaskan bahwa forum tersebut akan dihadiri kurang lebih sekitar 900 peserta, bukan hanya diskusi panel saja, tetapi juga akan menghadirkan project showcasing

Adapun saat pembukaan berlangsung akan dibatasi sekitar 700 peserta, namun setelah sesi pembukaan nanti juga akan bisa dihadiri oleh masyarakat. 

"Ini merupakan AIPF pertama kali yang dilaksanakan, hasil konkrit dari Asean Outlook on Indo-Pasifik. Kita berharap masyarakat bisa juga melakukan pendaftaran secara online," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper