Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polandia Menuduh Belarusia dan Rusia Mendalangi Masuknya Ribuan Migran Baru

Polandia menuduh Belarusia dan Rusia mendalangi masuknya ribuan migran baru.
Bendera Polandia./Bloomberg
Bendera Polandia./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Dalam Negeri Polandia Maciej Wasik menuduh Belarusia dan Rusia mengatur masuknya migran baru ke Uni Eropa melalui perbatasan Polandia pada 7 Agustus, seperti dikutip dari Guardian.

"Kita berbicara tentang operasi yang diselenggarakan oleh dinas rahasia Rusia dan Belarusia yang semakin intens," kata Wasik.

Pejabat itu menambahkan, bagaimanapun, bahwa situasinya "tidak sekacau hari ini seperti dua tahun lalu."

Pada tahun 2021, Belarus mengizinkan ribuan pencari suaka masuk ke negara itu dengan janji masuk dengan aman ke Uni Eropa.

Pada bulan November tahun itu, pasukan Belarusia mengawal ribuan pencari suaka ke perbatasan Polandia, memotong pagar kawat untuk memungkinkan para pengungsi menyeberang.

Sebagian besar dari mereka didorong mundur dengan kasar oleh penjaga perbatasan Polandia yang menetapkan zona tanpa akses di perbatasan selama sembilan bulan.

"(Dinas Belarusia telah menjadi) kelompok kriminal yang mendalangi migrasi ilegal. Tentu saja, mereka mendapat untung besar dari itu," kata kepala penjaga perbatasan Polandia Tomasz Praga, menurut AFP.

Menurut Praga, 19.000 migran telah mencoba memasuki Polandia dari Belarusia tahun ini, dengan 4.000 di bulan Juli saja. Tahun lalu, total 16.000 orang mencoba melintasi perbatasan.

Menanggapi krisis yang meningkat, penjaga perbatasan Polandia meminta kementerian pertahanan untuk mengerahkan lebih dari 1.000 tentara ke perbatasan dengan Belarusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper