Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa Itu Security Clearence? Oppenheimer hingga Bos CIA Sempat Dicabut Haknya

Oppenheimer adalah warga AS yang dicabut Security Clearancenya karena alasan keamanan. Lantas apa itu Security Clearance?
Security Clearance
Security Clearance

Bisnis.com, JAKARTA - Pada bulan April dan Mei 1954, Komisi Energi Atom AS mengadakan 19 pertemuan rahasia. Mereka memutuskan mencabut izin keamanan atau yang biasa disebut Security Clearance J Robert Oppenheimer, bapak atom dunia.

Alasannya, Oppenheimer dituduh memiliki risiko keamanan bagi Amerika Serikat, karena dituding sebagai loyalis pro-Soviet.

Keputusan tersebut melarang Oppenheimer mengakses kode yang diperlukan untuk pekerjaannya. Ini pada dasarnya mengakhiri kariernya. 

Namun, pencabutan izin itu batal setelah Pemerintahan Joe Biden membatalkan keputusan pada 1954. Artinya aib J Robert Oppenheimer sebagai loyalis komunis terhapuskan.

Sekretaris energi AS, Jennifer Granholm, menulis dalam sebuah pernyataan pada paruh Desember 2022 lalu, bahwa keputusan awal oleh Komisi Energi Atom tentang izin keamanan Oppenheimer telah menjadi bagian dari "proses cacat yang melanggar peraturan Komisi sendiri."

“Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak bukti yang terungkap tentang bias dan ketidakadilan proses yang dialami Dr Oppenheimer sementara bukti kesetiaan dan kecintaannya pada negara semakin ditegaskan,” kata Granholm dalam pernyataannya.

Saat masih menjabat, Presiden Amerika Donald Trump pada 2018 sempat mencabut security clearance yang dimiliki oleh mantan direktur Dinas Intelijen Pusat (CIA) John Brennan. Bahkan, waktu itu Trump bakal mencabut hak mantan pejabat tinggi yang mengecam kebijakannya.

Lantas apa sebenarnya Security Clearance itu dan apa pengaruhnya pada kehidupan warga AS?

Security Clearance adalah otorisasi oleh pemerintah federal yang mengizinkan seseorang untuk mengakses informasi keamanan rahasia atau sensitif.

Tingkat Security Clearance berbeda untuk masing-masing orang dan lembaga.

Misalnya, seorang analis mungkin memiliki satu tingkat izin keamanan, sedangkan penyelidik mungkin memerlukan tingkat yang lebih tinggi. Beberapa perusahaan swasta juga memerlukan izin keamanan.

Tingkat izin keamanan

Ada tiga tingkat utama izin keamanan, dan ini tergantung pada tanggung jawab dan jenis pekerjaan.

Confidential: Tingkat izin keamanan ini adalah yang paling mudah didapatkan dari ketiganya. Ini menawarkan akses ke tingkat terendah dari informasi rahasia.

Secret: Ini adalah izin keamanan tingkat kedua, yang memberi pemegang akses ke informasi rahasia yang sensitif.

Top Secret: Tingkat izin ini memiliki akses ke informasi rahasia yang sangat sensitif, sehingga jumlah pemegangnya sangat kecil.

Ada juga dua tingkat informasi rahasia yang memerlukan batasan tambahan. Pertama, sensitive compartmented information juga disebut SCI. Akses ini termasuk metode dan proses tertentu yang diklasifikasikan dan dibatasi. Ini juga mungkin melibatkan akses ke sumber intelijen terbatas.

Kedua, Special access programs atau SAP, yang melibatkan proyek dan program khusus yang sensitif.

Cara mendapatkan Security Clearance

Mendapatkan Security Clearance membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, begitu Anda mendapatkan izin keamanan, akan lebih mudah untuk beralih ke pekerjaan lain. Baik di dalam pemerintah federal dan sektor swasta.

Berikut cara mendapatkan Security Clearance

1. Kirim aplikasi

Langkah pertama dalam proses Security Clearance adalah mengajukan. Anda harus menjadi warga negara AS untuk mengajukannya. 

Proses selanjutnya adalah melengkapi dokumen berjudul “Personnel Security Questionnaire (SF-86)” melalui website aplikasi e-Quip pemerintah. Pelamar harus mengisi formulir karena formulir yang salah atau tidak lengkap dapat mendiskualifikasi.

Semua pelamar juga menyelesaikan proses evaluasi tambahan. Berupa pertanyaan tentang kesetiaan nasional. Proses ini memastikan bahwa warga negara asing tidak memengaruhi atau memengaruhi pemohon, karena hal ini dapat menimbulkan risiko keamanan nasional.

Evaluasi juga menilai kejujuran, nilai-nilai, kebugaran psikologis, dan kemungkinan aktivitas kriminal pelamar.

2. Melawati tahap investigasi

Kantor Manajemen Personalia, Departemen Pertahanan dan Kantor Direktur Intelijen Nasional akan menyelidiki pemohon.

Tahapan ini mungkin melibatkan penyedia layanan investigasi lain yang disebut ISP, tetapi itu tergantung pada peran dan tingkat izin.

Proses investigasi ini sebagian besar melibatkan wawancara dengan kolega pelamar seperti tetangga, mantan teman sekelas, rekan kerja, anggota keluarga, saudara, orang yang pernah dihubungi intens, dan pelamar itu sendiri.

3. Kelayakan sementara

Fase investigasi mungkin membutuhkan waktu cukup panjang, tergantung kandidat. Rata-rata lama waktu untuk tahap investigasi sekitar 120 hari.

Oleh karena itu, beberapa lembaga mungkin mengeluarkan izin keamanan sementara untuk mengizinkan seseorang bekerja dalam status sementara, sampai pemerintah mengeluarkan izin penuh.

Kelayakan sementara dapat berlaku hingga fase investigasi selesai dan seorang kandidat menerima tingkat izin keamanan penuh.

4. Ikuti pembaruan status untuk aplikasi Anda

Selama fase investigasi, kandidat menerima pembaruan status dari Defense Security Service sehingga mereka tahu di mana mereka berada dalam proses persetujuan. Pembaruan status terdiri dari empat jenis yakni :

Diterima: Penyedia layanan investigasi menerima permintaan investigasi, dan mereka berkomitmen untuk meninjaunya.

Tidak dapat diterima: Penyedia layanan investigasi menentukan bahwa permintaan tersebut tidak memiliki informasi, sehingga mereka mengirimkan pesan kepada kandidat yang menyatakan mengapa mereka menolak aplikasi tersebut. Jika kandidat masih memerlukan izin keamanan, mereka dapat mengirimkan permintaan baru dengan informasi yang sudah diperbaiki.

Dijadwalkan: Penyedia layanan investigasi menentukan permintaan dapat diterima. Investigasi terbuka dan berkelanjutan.

Ditutup: Penyedia layanan investigasi telah menyelesaikan investigasi, dan mereka telah mengirimkannya untuk peninjauan akhir.

Siapa yang butuh izin keamanan?

Sebagian besar posisi pemerintah federal memerlukan beberapa jenis izin keamanan. Beberapa perusahaan swasta memerlukan izin keamanan karena jenis pekerjaan yang mereka lakukan, seperti manajemen TI dan layanan keuangan.

Pelamar juga harus mengisi formulir dimana beberapa formulir meminta tujuh tahun informasi latar belakang, tetapi yang lain mungkin memerlukan 10 tahun.

Terkadang ada penundaan saat memproses aplikasi. Alasan paling umum untuk penundaan seperti sidik jari tidak terbaca dengan benar, bahan aplikasi tidak lengkap, penyelidikan yang melibatkan informasi dari negara lain.

Berapa lama Security Clearance berlaku?

Security Clearance berlaku selama Anda memegang posisi atau peran Anda, dengan peninjauan dilakukan pada periode sementara yang berbeda.

Pemegang izin Sangat Rahasia harus memiliki tinjauan formal setelah lima tahun, pemegang izin keamanan Rahasia memiliki tinjauan setelah 10 tahun dan tinjauan dilakukan setelah 15 tahun untuk izin keamanan Rahasia.

Namun, agensi Anda dapat menyelidiki kembali izin keamanan sebelum periode peninjauan formal Anda melalui pemeriksaan latar belakang secara acak.

Mengapa seseorang ditolak Security Clearance nya?

Agen mungkin menolak izin keamanan jika Anda tidak jujur ​​dalam mengisi aplikasi Anda. Alasan lain dapat adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi tidak diisi
  • Perilaku kriminal
  • Penyalahgunaan obat atau alkohol
  • Penyalahgunaan teknologi informasi
  • Pelanggaran aturan di agensi
  • Kekayaan yang tidak dapat dijelaskan atau hutang keuangan
  • Keterlibatan dengan warga negara asing
  • Tagihan yang belum dibayar
  • Anda dapat mengajukan banding atas penolakan. Anda juga dapat mengajukan banding jika agensi Anda mencabut izin keamanan Anda selama pemeriksaan latar belakang secara acak.

Agensi biasanya mengirimkan alasan penolakan dan tindakan untuk mengajukan banding Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper