Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuaca Hari Ini, Sabtu 1 Juli, Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramal cuaca hari ini, Sabtu (1/7/2023) sebagian besar berawan.
Cerah berawan/Ilustrasi
Cerah berawan/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini atas potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia, Sabtu (1/7/2023). Meski demikian, cuaca di mayoritas  wilayah Indonesia hari ini berawan.

Berdasarkan informasi yang dipantau dalam laman bmkg.go,id, Sabtu pagi hari, sejumlah wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai dengan petir tersebut adalah Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur.

Lalu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Sumatera Selatan.

Sejumlah kota yang diperkirakan akan bercuaca berawan pada pagi ini adalah Banda Aceh, Denpasar, Bandar Lampung, Ternate, Mataram, Kupang, dan Manokwari dengan kelembaban sekitar 60/95 persen dan suhu 22-32 derajat celcius.

Sedangkan kota yang mengalami cuaca cerah berawan pada pagi hari meliputi Serang, Bengkulu Jakarta, Bandung, Surabaya, Samarinda, Pekanbaru, Manado, Padang, dan Palembang dengan rata-rata suhu 24 hingga 33 derajat celcius dan kelembaban 65-95 persen.

Hujan ringan akan terjadi di Palangkaraya, Pangkal Pinang, Ambon, Jayapura, Mamuju, Kendari, Makassar, dan Medan dengan kelembaban 75-95 persen dan suhu 23-30 derajat celcius.

Sementara, hujan sedang akan terjadi di Pontianak dengan suhu 24-31 derajat celcius dan kelembaban 70 hingga 100 persen. Lalu cuaca buruk diperkirakan akan mendera Banjarmasin, hujan petir dengan suhu 24-31 derajat celcius dan kelembaban 65-95 persen.

Sementara itu, di malam hari, Banjarmasin bersama dengan sebagian besar wilayah mengalami berawan seperti Serang, Bengkulu, Jambi, Yogyakarta, Semarang, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Bandar Lampung. Ternate Mataram, Jayapura, Pekanbaru, dan Makassar.

Mamuju terpantau masih akan mengalami hujan ringan sejak pagi, juga Padang, Pangkal Pinang, Samarinda, Surabaya, Pontianak, dan Denpasar. Cerah berawan akan mendera Banda Aceh, Jakarta, Gorontalo, Kupang, Kendari, Manado, dan Palembang. Sedangkan, Medan akan mengalami hujan lebat, Bandung hujan sedang pada malam hari.

Di DKI Jakarta, hampir semua wilayah dari pagi hingga malam terpantau akan cerah berawan dengan suhu 24-32 derajat celcius dan kelembaban 60-90 persen, terkecuali Jakarta Barat yang diterpa hujan ringan pada pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper