Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil dan Harta Kekayaan Wakapolri Agus Andrianto

Profil dan harta kekayaan Komjen Pol. Agus Andrianto yang ditunjuk Kapolri menjadi Wakapolri menggantikan Gatot Eddy Pramono
Profil dan Harta Kekayaan Wakapolri Agus Andrianto / Antara
Profil dan Harta Kekayaan Wakapolri Agus Andrianto / Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Komjen Pol. Agus Andrianto resmi diangkat menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono yang akan memasuki masa pensiun pada akhir Juni 2023. 

Penunjukan Agus sebagai Wakapolri ditetapkan lewat Surat Telegram Kapolri nomor: ST/1339/VI/KEP./2023 yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada Sabtu (24/6/2023).

Sebelum ditunjuk menjadi Wakapolri, Agus sempat menduduki sejumlah posisi strategis di badan kepolisian RI. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Agus resmi dilantik menjadi Kabareskrim pada 24 Februari 2021.

Adapun, pria kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 16 Februari 1967 ini merupakan lulusan dari Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1989.

Setelah menyelesaikan studinya pada 1989, Agus memulai karier kepolisian sebagai Perwira Samapta di Polres Dairi, Sumatra Utara pada 1990.

Sosok pria berusia 56 tahun ini mulai mendapat sorotan ketika  menangani kasus penistaan agama yang menyeret nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada 2016.

Kala itu, Agus masih menduduki posisi sebagai Direktur Tindak Pidana Umum (Tipidum) Bareskrim Polri.

Satu tahun kemudian, dia dimutasi ke Polda Sumatra Utara dan menjabat posisi Wakil Kapolda. Pada 2018, Agus kemudian dipromosikan menjadi Kapolda Sumut.

Namun, posisi itu hanya dipegang Agus selama satu tahun lamanya. Dirinya lantas diangkat menjadi Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri pada 2019.

Selanjutnya, Agus menjadi Kabareskrim Polri sejak 2021 dan kemudian ditunjuk menjadi Wakapolri pada Juni 2023.

Harta Kekayaan Komjen Pol. Agus Andrianto

Bedasarkan data LHKPN, Agus tercatat memiliki harta senilai Rp1,73 miliar. Jumlah tersebut merupakan total harta yang dilaporkan Agus pada November 2016.

Harta kekayaan yang dimiliki Agus terdiri dari aset tanah dan bangunan dengan total senilai Rp864,4. Aset itu tersebar di beberapa wilayah seperti Jakarta Timur dan Musi Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan.

Selain itu, mantan Kabareskrim Polri tercatat memiliki aset berupa alat transportasi senilai Rp470 juta yang terdiri dari mobil Toyota Vios 2003, Nissan Grand Livina 2012, serta Mitsubishi Pajero Sport 2011.

Harta kekayaan Agus juga ditemui dalam bentuk harta bergerak lainnya senilai Rp38 juta serta kas dan setara kas sebesar Rp361 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper