Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LPDP Kementerian Keuangan Anggarkan Dana Abadi Penelitian Rp12,99 Triliun

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI memberikan anggaran dana abadi penelitian sebesar Rp12,99 triliun.
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI memberikan anggaran dana abadi penelitian sebesar Rp12,99 triliun.

Direkur utama LPDP Andin Hadiyanto menyatakan bahwa dana abadi penelitian ini sudah diakumulasikan selama 3 tahun terakhir dan yang dipakai adalah hasil investasinya.

"Terkait ini adalah dana abadi penelitian yang sudah diakumulasikan 3 tahun terakhir saat ini totalnya ada Rp12,99 triliun dan yang dipakai adalah hasil investasinya," katanya di BRIN, pada Senin (19/6/2023).

Dia mengatakan bahwa LPDP mendukung kegiatan penelitian yang dilakukan oleh BRIN untuk memberikan penghargaan talenta nasional.

Andin menyatakan bahwa LPDP mengelola 4 dana abadi, yaitu dana abadi pendidikan termasuk untuk pesantren, dana abadi penelitian, dana abadi perguruan tinggi, dan dana abadi kebudayaan.

BRIN sendiri menyelenggarakan 8 program dengan nama Riset Inovatif untuk Indonesia Maju dan salah satu dari 8 itu adalah untuk memberikan penghargaan talenta nasional.

Dia menyatakan bahwa penghargaan atau apresiasi ini diberikan untuk masing-masing award untuk peneliti atau ilmuwan yang disiapkan sebesar Rp400 juta, dan untuk memorial lecture Rp25 juta.

"Sudah kami sampaikan penghargaannya untuk masing-masing award sekitar Rp400 juta, untuk yang memorial lecture Rp25 juta," ujarnya.

Adapun penghargaan itu terdiri dari Habibie Prize, Indonesia Inovator Award, Sarwono Award dan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture, Nurtanio Award dan Nurtanio Pringgoadisuryo Memorial Lecture serta Siwabessy Award dan G.A Siwabessy Memorial Lecture.

Seperti diketahui, BRIN bersama dengan LPDP Kementerian Keuangan RI menggelar peluncuran Program Apresiasi Talenta Riset dan Inovasi 2023 di ruang Auditorium Gedung BJ Habibie, BRIN Jakarta, pada Senin (19/6/2023).

Penyelenggaraan acara tersebut sebagai bentuk apresiasi bagi para ilmuwan, pakar, atau praktisi yang telah memberikan sumbangan nyata dan bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Acara ini juga berlandaskan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 mengatur tentang Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper