Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Teks Ulasan, Jenis, Ciri-ciri, dan Strukturnya

Teks ulasan adalah tulisan yang berisi penilaian sebuah karya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat teks ulasan.
Mengenal Teks Ulasan, Jenis, Ciri-ciri, dan Strukturnya/freepik
Mengenal Teks Ulasan, Jenis, Ciri-ciri, dan Strukturnya/freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kata ‘ulasan’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya komentar atau tafsiran. Ulasan biasanya disajikan dalam bentuk teks sehingga disebut juga sebagai teks ulasan. 

Lalu, apa sebetulnya fungsi dari teks ulasan? Dalam artikel ini akan membahas mengenai teks ulasan mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, hingga jenis-jenisnya yang dapat melengkapi pemahaman Anda mengenai teks tersebut. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya disini!

Pengertian Teks Ulasan

Mengutip dari laman Kemdikbud.go.id, teks ulasan adalah teks yang mengupas, menafsirkan atau mengomentari sebuah karya fiksi maupun non fiksi yang dibaca di koran/majalah, ditonton di Youtube/TV, maupun yang dipublikasikan di website. Teks ulasan sering disebut dengan resensi atau reviu. 

Fungsi dan Tujuan Teks Ulasan

Fungsi teks ulasan utamanya adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca resensi. Berikut ini fungsi teks ulasan lainnya yang sebaiknya diketahui.

  • Membantu pembaca mengenal isi dari suatu karya
  • Menunjukkan pandangan penulis mengenai suatu karya
  • Mengajak pembaca untuk memikirkan dan mendiskusikan masalah yang ada pada suatu karya
  • Memberikan pertimbangan kepada pembaca atas karya yang layak dinikmati ataupun tidak
  • Menjadi pertimbangan bagi pembaca dalam memutuskan membaca, membeli, menonton, dan menikmati suatu karya

Secara umum, fungsi teks ulasan yakni untuk dijadikan sebagai sumber informasi, baik berupa penilaian, kritik, dan pertimbangan mengenai suatu karya sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi pembaca yang ingin menikmati suatu karya. Penulisan dari teks ulasan juga cenderung subjektif karena berasal dari pandangan penulis. 

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Teks ulasan berbeda dengan teks lainnya dan sangat mudah untuk kita kenali karena memiliki ciri-ciri khusus. Untuk dapat membedakan teks ulasan dengan teks lainnya, kita perlu mengetahui ciri-ciri dari teks. Berikut ini ciri ciri teks ulasan yang berbeda dengan teks lainnya. 

  • Nama lainnya adalah resensi.
  • Berisi ulasan atau komentar penulis yang berdasarkan fakta.
  • Memuat gambaran isi suatu karya.
  • Memuat penilaian penulis mengenai kelebihan dan kekurangan dari suatu karya.
  • Menggunakan konjungsi penerang, temporal, penyebab, serta pernyataan rekomendasi atau saran.

Jenis Teks Ulasan

Terdapat 3 jenis teks ulasan. Ketiganya memiliki perbedaan dari segi kedalaman isi. Berikut ini jenis-jenis dari teks ulasan. 

1. Teks ulasan informatif

Jenis teks ulasan ini bertujuan untuk memberi informasi kepada pembaca. Isinya hanya memuat gambaran dari suatu karya sehingga pembahasannya ditulis secara singkat, padat, dan jelas. Jadi, jenis teks ulasan ini hanya fokus membahas kelebihan sekaligus kekurangan dari suatu karya.

2. Teks ulasan deskriptif

Teks ulasan deskriptif lebih lengkap daripada teks ulasan informatif. Jenis teks ulasan ini menjelaskan secara lengkap dan jelas mengenai suatu karya sehingga pembaca bisa paham maksud dari penulis. 

3. Teks ulasan kritis

Teks ulasan kritis berbeda dengan dua jenis teks ulasan yang sebelumnya. Jenis teks ulasan ini memuat kritik secara subjektif sehingga pembaca dapat menjadikannya sebagai acuan karena tidak memihak siapapun. 

Struktur Teks Ulasan

Adapun ciri-ciri teks ulasan lainnya yakni berupa struktur. Struktur teks ulasan dibagi menjadi 4 bagian. Keempat struktur teks ulasan yakni orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Penulisannya berisi komentar dari penulis yang tetap berlandaskan fakta. 

Orientasi adalah bagian pertama dari teks ulasan yang memuat gambaran umum mengenai suatu karya. Tafsiran berisi penjelasan lebih detail dari suatu karya. 

Evaluasi berisi komentar atau pandangan penulis mengenai suatu karya. Terakhir, rangkuman merupakan kesimpulan dari ulasan mengenai suatu karya.

Demikian pengertian, ciri-ciri teks ulasan, struktur, fungsi teks ulasan hingga jenis-jenisnya. Dengan adanya teks ulasan atau resensi dapat dimanfaatkan oleh pembaca untuk dijadikan sebagai acuan sebelum memutuskan menikmati suatu karya karena berisikan penilaian dan kritik yang sifatnya subjektif.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper