Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Teks Ulasan dari Berbagai Karya, Novel hingga Film

Teks ulasan adalah tulisan yang berisi informasi seputar kekurangan dan kelebihan sebuah karya, baik novel, buku, cerpen, hingga film. Berikut contohnya.
Contoh Teks Ulasan dari Berbagai Karya, Novel hingga Film/freepik
Contoh Teks Ulasan dari Berbagai Karya, Novel hingga Film/freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kini, contoh teks ulasan dapat dengan mudah kita temukan di berbagai platform, seperti Website, Instagram, bahkan Youtube. Teks ulasan adalah teks yang menyajikan komentar mengenai suatu karya, baik itu novel, buku, cerpen, hingga film. Biasanya teks ulasan menyebutkan kelebihan, kekurangan, dan kualitas dari suatu karya.

Dalam contoh teks ulasan singkat memuat 4 bagian yang terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Orientasi berisi gambaran umum mengenai suatu karya. Tafsiran berisi gambaran detail dari suatu karya, misalnya kelebihan dan kualitas dari karya. Evaluasi berisi pandangan penulis dari suatu karya. Rangkuman berisi kesimpulan dari ulasan. 

Lalu, seperti apa contoh teks ulasan singkat dari novel, buku, cerpen, hingga film? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Contoh Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi

Contoh teks ulasan yang singkat ini berasal dari novel yang berjudul ‘Sang Pemimpi’. Berikut ini contoh ulasannya. 

Orientasi :

  • Judul novel : Sang Pemimpi
  • Penulis : Andrea Hirata
  • Penerbit : Bentang Pustaka
  • Tahun terbit : 2006

Tafsiran :

Novel Sang Pemimpi menceritakan tentang Ikal dan teman-temannya yang sedang dilanda kemiskinan, namun tetap berjuang meraih mimpi agar bisa bersekolah di luar negeri. Penulis menggunakan bahasa yang mampu membawa pembaca dapat merasakan apa yang dirasakan oleh setiap tokohnya. Penulis juga menyelipkan lelucon-lelucon unik yang menggelitik para pembaca. 

Evaluasi :

Novel Sang Pemimpi tidak memiliki keterkaitan cerita dan memiliki pesan yang sama dengan novel sebelumnya yakni Laskar Pelangi. Pesan tersebut yakni agar tidak menyerah menggapai mimpi. 

Rangkuman :

Novel ini mengajak pembaca untuk giat memperjuangkan mimpi-mimpi. 


Contoh Teks Ulasan Buku Cinta Brontosaurus

Contoh teks ulasan yang singkat kedua yakni berjudul Cinta Brontosaurus. Buku ini karangan dari komedian terkenal yang bernama Raditya Dika. Amai contoh teks ulasan singkatnya sebagai berikut. 

Orientasi :

  • Judul buku : Cinta Brontosaurus
  • Penulis : Raditya Dika
  • Penerbit : Gagas Media T
  • Tahun terbit : 2006

Tafsiran :

Buku ini bercerita tentang penulis bernama Dika yang baru putus cinta dengan Nina, kekasihnya. Lantas, agen naskah Dika yang bernama Kokasih mencoba memperkenalkan Dika dengan banyak wanita. Hingga bertemulah Dika dengan Jessica, wanita yang memiliki jalan pikiran aneh seperti dirinya. 

Di sisi lain, Dika mengalami masalah. Bukunya yang berjudul Cinta Brontosaurus ditawarkan untuk dijadikan sebuah film, namun harus berubah genre menjadi horor. Padahal, naskah yang dituliskannya mengisahkan tentang perjalanan cinta. 

Evaluasi :

Buku ini mengisahkan cerita cinta yang bercampur komedi juga haru. Penggunaan bahasanya gaul sehingga akrab dengan anak muda zaman sekarang. Namun, ceritanya masih mengambang dan mengandung bahasa vulgar. 

Rangkuman :

Di balik kekurangan dan kelebihannya, buku karangan Raditya Dika ini sukses membuat pembacanya terhibur.

Contoh Teks Ulasan Cerpen Corat-coret di Toilet

Selanjutnya, ada contoh teks ulasan yang singkat berasal dari cerpen. Simak contoh teks ulasanya di bawah ini. 

Orientasi :

  • Penulis : Eka Kurniawan
  • Tahun Terbit : 2000-an

Tafsiran :

Bercerita tentang seorang pemuda punk yang masuk ke dalam toilet untuk menuangkan aspirasinya dalam bentuk coretan supaya dikomentari oleh orang-orang yang datang ke toilet. Inti dari cerpen ini berisi teguran bagi para dewan yang suka lupa diri atas jabatannya. 

Evaluasi :

Ceritanya mengandung hakikat filsafat tinggi sehingga pembaca memerlukan persiapan yang cukup untuk menerima dan mempelajari isi cerpen ini. 

Rangkuman :

Cerita Corat-coret di toilet menjadi karya yang kritis dan tidak melupakan sisi lucu dari toilet umum. Penulis ingin menceritakan bahwa orang-orang di ceritanya lebih mempercayai dinding toilet daripada pemerintah. 

Contoh Teks Ulasan Film Train To Busan

Film Train to Busan berasal dari Korea Selatan. Film ini sangat menegangkan. Untuk itu, mari kita lihat contoh teks ulasan singkatnya sebagai berikut. 

Orientasi :

  • Judul film : Train to Busan
  • Tahun rilis : 2016

Tafsiran :

Film ini mengangkat tema tentang zombie. Seorang anak bernama Soo An dengan bapaknya, Seok Woo, ingin pergi dengan kereta untuk mengunjungi ibunya ke Busan. Namun ditengah perjalanan, mereka bertemu dengan wanita yang terjangkit virus zombie. Film ini bercerita tentang perjuangan Seok Woo melindungi Soo An dan penumpang lainnya agar bisa selamat sampai Busan. 

Evaluasi :

Di dalam cerita tersebut menunjukkan sifat egois manusia yang bisa kejam terhadap orang lain demi kepentingan pribadi. Sekaligus mengingatkan kita untuk bersifat rasional dan tidak melibatkan orang lain ketika dalam masalah. Secara keseluruhan ceritanya menegangkan dan menyentuh. 

Rangkuman :

Film ini mengajarkan kita untuk terus menyayangi keluarga. Secara garis besar, film Train to Busan cocok untuk mengisi waktu di akhir pekan dengan memberi sensasi berdebar sekaligus menitikkan air mata. 

Itulah beberapa contoh teks ulasan singkat mengenai novel, buku, cerpen, hingga film. Semuanya terdiri atas 4 bagian yakni orientasi, tafsiran, evaluasi, sampai rangkuman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper