Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ukraina Akhirnya Diberi Radar VERA-EG, Bisa Deteksi Musuh hingga 400 Km

Perang Rusia vs Ukraina hari ini, Ukraina akhirnya mendapat sistem rada VEAR-EG, bisa deteksi musuh hingga 400 km.
Rudal patriot permukaan-ke-udara yang ditembakkan oleh militer AS selama latiha di Zambales pada 25 April./Bloomberg
Rudal patriot permukaan-ke-udara yang ditembakkan oleh militer AS selama latiha di Zambales pada 25 April./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan Belanda akan membeli empat sistem radar VERA-EG untuk Ukraina senilai total 150 juta euro (162,9 juta dolar AS) untuk pertahanan udara Ukraina, tulis Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren dalam surat kepada parlemen Belanda pada 14 Juni.

Sistem tersebut dapat mendeteksi objek hingga 400 kilometer dengan akurasi hingga 20 meter, menurut situs pertahanan Ukraina Militarnyi.

Sistem tidak memancarkan energi elektromagnetik, membuatnya sulit dideteksi, menurut ERA, produsen radar.

Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren mengatakan kepada Reuters dalam wawancara 12 Juni yang diterbitkan pada 12 Juni bahwa Belanda dan sekutu lainnya berharap untuk memulai pelatihan jet tempur F-16 untuk pilot Ukraina musim panas ini.

Pada bulan Mei, AS dan beberapa negara Eropa sepakat untuk membangun koalisi internasional untuk membantu pengadaan jet tempur F-16 untuk Ukraina dan melatih pilot tempur Ukraina.

"Musim panas ini adalah ambisi kami. Dan kami akan melihat apakah itu realistis," kata Ollongren.

Program pelatihan, yang didukung oleh AS, mencakup Belgia dan Luksemburg. Prancis dan Inggris juga telah menawarkan bantuan mereka, tambah Ollongren.

Menurut Menhan, Denmark adalah salah satu lokasi yang memungkinkan untuk program pelatihan, mengingat simulator penerbangan F-16 berada di sana.

“Ini adalah sistem senjata yang sangat kuat. Kemampuannya sangat kuat. Tapi itu tidak akan tersedia dalam waktu dekat, dan Presiden (Volodymyr) Zelensky, tentu saja, mengetahuinya,” kata Ollongren.

Sekutu Ukraina berharap bahwa memasok senjata seperti jet tempur yang lebih canggih tidak hanya akan meningkatkan peluang kemenangan Ukraina dalam perang melawan Rusia, tetapi juga mencegah agresi Rusia di masa depan.

Selama konferensi pers pada akhir Mei, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan bahwa Belanda "serius mempertimbangkan" memberikan jet tempur F-16 ke Ukraina.

Ukraina telah menerima 14 jet tempur MiG-29 dari Polandia dan 13 dari Slovakia tetapi telah mendorong pesawat yang lebih canggih.

Kementerian Pertahanan Ukraina sebelumnya mengatakan membutuhkan setidaknya 48 jet tempur F-16 untuk membebaskan wilayah dari Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper