Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1 Calon Jemaah Haji Berusia 85 Tahun Dirujuk ke Rumah Sakit di Padang

Seorang jemaah haji kloter 05 Nursiah Binti Said Kundu (84) dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil Padang, saat tiba di Asrama Haji.
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info

Bisnis.com, PADANG - Seorang jemaah haji kelompok terbang (kloter) 05 Nursiah Binti Said Kundu (84) dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil Padang, saat tiba di Asrama Haji.  

Dokter Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Darwin menjelaskan saat tiba di aula kedatangan sudah terlihat tanda-tanda kelelahan pada Nursiah. 
 
“Saat dilakukan pemeriksaan kesehatan kami melihat ibu ini agak kesulitan bernafas. Tim KKP langsung merujuk beliau ke klinik Kesehatan Embarkasi di Asrama Haji,” katanya, Jumat (9/6/2023).
 
Darwin bersama tim KKP melakukan pertolongan pertama dengan memberikan bantuan alat pernafasan oksigen, namun saturasinya sangat rendah 95-96. “Sebelum dipasang oksigen, saturasinya 93-94 ini menunjukan tubuhnya tidak maksimal menyerap oksigen,” jelasnya.
 
Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kesehatan Embarkasi Debarkasi Padang ini juga menyarankan, sebaiknya Nursiah tidak usah terbang dulu dengan kondisi kesehatan yang ada saat ini. 
 
“Apalagi yang bersangkutan pernah melakukan operasi kanker payudara. Ini juga membuat kondisinya semakin drop," ungkap Darwin.
 
“Saat ini ibu nursiah sedang ditangani oleh tim Rumah Sakit Umum Pusat M. Djamil. Kita menunggu hasil observasinya yang akan menentukan jemaah ini layak atau tidak layaknya diterbangkan ke tanah suci,” sambungnya.
 
Sementara itu, Ketua Kloter 05 Irfan Junaidi saat ditemui mengatakan Nursia dengan nomor manifest 317 merupakan jemaah Kota Padang Panjang yang dimutasi Provinsi Banten. Sebelum berangkat ke Embarkasi Padang sia tinggal di rumah anaknya di Padang Pariaman.
 
“Nursiah ini merupakan jemaah asal Pandeglang Banten yang dimutasi ke Padang Panjang supaya bisa berangkat bersama anaknya. Sebelum berangkat ke Padang pagi tadi, ia harus menempuh perjalanan dulu dari Padang Pariaman menuju Padang Panjang,” terang Irfan.
 
Diakui Irfan sejak awal berangkat, Nursiah sudah mengalami kelelahan, namun karena semangat untuk berangkat haji, ia tetap menguatkan tekad dan semangatnya. “Keberangkatan Nursiah juga diampingi anak kandungnya Erniwati yang tergabung dalam kloter 05,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper