Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perjalanan Kemenangan Erdogan, Kandasnya Harapan Oposisi dan Janji Perbaikan Ekonomi

Erdogan memenangkan Pilpres Turki 2023. Kontestasi politik yang kembali dimenangkannya itu membuatnya berhasil memertahankan jabatan Kepala Negara tiga periode.
Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Devlet Bahceli, pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP), mengunjungi Antakya di Provinsi Hatay, Turki 20 Februari 2023. Murat Cetinmuhurdar/Presidential Press Office/Handout via REUTERS
Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Devlet Bahceli, pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP), mengunjungi Antakya di Provinsi Hatay, Turki 20 Februari 2023. Murat Cetinmuhurdar/Presidential Press Office/Handout via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Recep Tayyip Erdogan memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) Turki 2023. Kontestasi politik yang kembali dimenangkannya itu membuatnya berhasil memertahankan jabatan Kepala Negara hingga tiga periode. 

Erdogan, yang dikenal sebagai pemimpin otoriter, keluar sebagai pemenang Pilpres 2023 mengalahkan rivalnya Kemal Kilicdaroglu. Dia menang setelah melakukan dua kali putaran pemilihan. 

Berdasarkan catatan Bisnis, perolehan suara Erdogan dalam Pilpres Turki putaran kedua mencapai 52,3 persen suara lebih unggul dari Kilicdaroglu dengan perolehan suara 47,7 persen.

Erdogan memproklamasikan kemenangannya setelah secara tentatif disebut sebagai pemenang Pilpres Turki dalam putaran kedua pada Minggu (28/5/2023).  

"Selamat atas kemenangan besar Turki. Biarkan abad Turki dimulai!," kata Erdogan, seperti dilansir dari Twitter @RTErdogan. 

Kepala otoritas pemilihan tertinggi Turki, Dewan Pemilihan Tertinggi Ahmet Yener mengatakan bahwa 99,43 persen surat suara telah dihitung. Melansir TASS, hasil dari perhitungan surat suara tersebut menyatakan Tayyip Erdogan mendapat 52,14 persen, dan Kemal Kilicdaroglu 47,86 persen, hingga Minggu (28/5/2023) malam.  

"Sebanyak 809.000 suara yang belum diproses oleh sistem tidak akan mempengaruhi hasil, sekalipun semuanya diajukan untuk satu pasangan calon," ujarnya. 

Bisnis merangkum perjalanan kemenangan Erdogan dalam memertahankan kekuasaannya sejak 2003. 

1. Persaingan Ketat dengan Rival

Erdogan, yang sebelumnya sempat menjabat sebagai Perdana Menteri Turki, harus bersaing ketat dengan lawannya pada Pilpres Tyrki tahun ini yakni Kemal Kilicdaroglu. Dia bersaing dengan Kemal hingga putaran kedua. 

Putaran kedua tersebut digelar lantaran putaran masing-masing kandidat tak ada yang mampu meraup 50 persen suara pada putaran sebelumnnya. 

Diketahui hasil pilpres utama Erdogan hanya memperoleh 49,5 persen suara, sedangkan Kilicdarogl 44,9 persen. Namun putaran kedua kemenangan mutlak didapatkan Erdogan dengan memperoleh 52,3 persen suara. 

2. Berkuasa Dua Dekade 

Erdogan menjadi Perdana Menteri Turki dari 2003 hingga 2014. Pada 2014, dia resmi menjadi Presiden Turki setelah memenangkan Pilpres secara langsung setelah 91 tahun dipilih oleh parlemen.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ketika Pilpres 2014, Erdogan tercatat turut meraup suara 52 persen mengalahkan dua pesaingnya. 

3. Anak Pelaut 

Sebagai informais, orang yang bakal kembali berkuasa di Turki ini merupakan anak dari seorang Angkatan Laut di Laut Hitam, wilayah utara Turki. Pria berumur 69 tahun itu lahir pada 26 Februari 1954. 

Saat beranjak ke umur 13 tahun, pria yang juga sempat melanglangbuana di sejumlah partai politik negara tersebut memutuskan untuk pindah ke Istanbul.

4. Janjikan Inflasi Turun

Dalam pidato kemenangan ketiga sebagai Presiden terpilih, Erdogan mengatakan bahwa inflasi adalah masalah besar yang bakal dihadapinya ke depan. Namun, dia menyebut inflasi bakal turun setelah suku bunga acuan dipangkas menjadi 8,5 persen dari 19 persen pada dua tahun lalu. 

Erdogan berjanji akan merancang perekonomian negara yang berfokus pada investasi dan lapangan kerja. 

"Kami sedang merancang sebuah ekonomi yang berfokus pada investasi dan lapangan kerja, dengan tim manajemen keuangan yang memiliki reputasi internasional," kata Erdogan kepada para pendukungnya di istananya di Ankara, dilansir Reuters, Senin (29/5/2023).

5. Peluang Oposisi Kandas

Pemilu kali ini telah dilihat sebagai salah satu yang paling penting bagi Turki. Pihak oposisi percaya bahwa mereka memiliki peluang besar untuk menggulingkan Erdogan dan membalikkan kebijakan-kebijakannya setelah popularitasnya dilanda krisis biaya hidup.

Namun demikian, hasil pemilihan Presiden berkata lain. Sebaliknya, kemenangan Erdogan memperkuat citranya sebagai sosok yang tak terkalahkan, setelah dia menyusun ulang kebijakan domestik, ekonomi, keamanan, dan luar negeri di negara berpenduduk 85 juta jiwa ini. 

Prospek lima tahun lagi masa pemerintahannya merupakan pukulan besar bagi para penentangnya yang menuduhnya merongrong demokrasi saat ia mengumpulkan lebih banyak kekuasaan. 

Erdogan sempat mengecam pihak oposisi dan menuduh Kilicdaroglu berpihak pada teroris tanpa memberikan bukti. 

"Satu-satunya pemenang hari ini adalah Turki. Saya berterima kasih kepada setiap orang yang sekali lagi memberi kami tanggung jawab untuk memerintah negara ini lima tahun lagi," ungkap Erdogan dalam pidato kemenangannya. 

6. Erdogan dan Putin

Kekalahan Kemal Kilicdaroglu dari Erdogan, dinilai kemungkinan besar akan membuat kecewa sekutu-sekutu NATO Turki. Mereka dinilai khawatir dengan hubungan Erdogan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Namun demikian, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat atas kemenangan Erdogan setelah hasil resmi keluar. 

"Saya berharap dapat terus bekerja sama sebagai Sekutu NATO dalam isu-isu bilateral dan tantangan global bersama,” ungkap Joe Biden. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper