Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal PPATK dari Tugas sampai Gaji yang Diterima

PPATK merupakan salah satu lembaga yang berperan penting untuk memberantas kasus pencucian uang yang merugikan negara. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Mengenal PPATK dari Tugas sampai Gaji yang Diterima (freepik)
Mengenal PPATK dari Tugas sampai Gaji yang Diterima (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - PPATK singkatan dari Pusat Pelaporan Transaksi Keuangan. Lembaga ini kerap dikaitkan dengan Kementerian Keuangan dan lembaga pemerintah lainnya. Nama lembaga ini marak dibicarakan karena perannya dalam kasus pencucian uang. 

Lembaga PPATK telah berhasill mengungkap berbagai sindikat dalam lembaga negara. Selain itu, mereka juga melaporkan berbagai penemuan transaksi keuangan yang mencurigakan dari sejumlah aparat pemerintahan. 

Kemudian, banyak pertanyaan mencuat, apakah sebenarnya PPATK? Apa saja tugas, fungsi, serta wewenangnya? Selain itu, berapa gaji yang diperoleh oleh kepala dan wakil PPATK? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.  

Apa Saja Tugas PPATK?

Berdasarkan keterangan di situs resminya, PPATK adalah Financial Intelligence Unit (FIU). PPATK merupakan perwakilan pemerintah untuk mencegah dan memberantas pencucian uang. Selain itu, PPATK mewakili Indonesia dalam forum internasional terkait dalam masalah pencucian uang secara global. 

Tugas utamanya adalah menerima, menganalisa dan meneruskan hasil laporan transaksi keuangan. Secara umum, tugas dan wewenang PPATK berkaitan dengan kecurigaan adanya kasus pencucian uang. Tugasnya meliputi;

  1. Mencegah tindak pidana pencucian uang.
  2. Memberantas tindak pidana pencucian uang.
  3. Mengolah data dan informasi PPATK.
  4. Menganalisa laporan dan informasi transaksi keuangan khususnya yang memiliki indikasi tindakan pencucian ung atau tidak pidana lain.

Dalam melaksanakan tugasnya, PPATK memiliki kewenangan untuk mendapatkan data yang diperlukan guna pembuatan laporan. Menetapkan pedoman pencegahan tindak pidana berdasarkan transaksi keuangan atau tidak pidana terkait lainnya. 

Fungsi PPATK 

Keberadaan PPATK memiliki landasan hukum dan jelas. Sehingga, PPATK memiliki kewenangan tersendiri dan tidak dipengaruhi oleh pemerintah atau kekuasaan manapun. Kepala PPATK melapor langsung kepada Presiden. Menurut Pasal 40 UU 8/2010, PPATK memiliki fungsi sebagai berikut.

  1. Lembaga untuk melakukan pencegahan dan memberantas tindak pidana pencucian uang.
  2. Pengelolaan data dan informasi PPATK dan dipakai sebagai mana mestinya.
  3. Pengawasan untuk mengawasi kepatuhan dari pihak pelapor.

Secara garis besar, PPATK berfungsi sebagai pengelola dan pengawas untuk tindak pidana pencucian uang. Bukan hanya itu, sebagai lembaga khusus menangani transaksi keuangan, kedudukannya cukup netral. PPATK jadi memiliki kekuatan untuk menjalani tugasnya secara optimal. 

Berapa Gaji PPATK?

Karena berdiri sebagai lembaga Independen, PPATK diangkat dan berurusan langsung dengan Presiden. Jadi, PPATK tidak memiliki kewajiban untuk melapor pada instansi pemerintahan. PPATK melaporkan penemuannya langsung pada presiden. 

Ivan Yustiavandana adalah Kepala PPATK untuk masa jabatan 2021-2026. Penunjukan langsung dari Presiden juga berarti gaji PPAK juga ditetapkan oleh Presiden. Baik gaji, hak, fasilitas, penghargaan aparat PPATK diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor  38 Tahun 2013. 

PP tersebut menunjukan tunjangan Kepala PPATK sekitar 38 juta, dan wakilnya memperoleh Rp 33,5 juta. Selain gaji pokok, petugas PPATK juga mendapat fasilitas rumah dinas dan fasilitas lainnya. Gaji pokok Ketua PPATK adalah Rp 23 juta, Wakil Ketua PPATK menerima Rp 21,5 juta. Selain itu, ada tunjangan yang nominalnya untuk Kepala PPATK sebesar Rp 15 juta, dan Wakilnya menerima Rp 12 juta tiap bulannya. 

Itulah perkiraan gaji yang diterima petugas PPATK. Jumlahnya bisa berubah sesuai dengan kebijakan presiden. Untuk mengetahui gaji petugas PPATK terbaru, Anda perlu memperhatikan peraturan yang dikeluarkan oleh presiden.

Demikian penjelasan singkat mengenai PPATK lengkap dengan tugas dan kewenangannya. Harapannya, lembaga tersebut bisa membantu Indonesia untuk terbebas dari tindak pidana yang terkait dengan pencucian uang dan tindak kejahatan lain terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper