Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Plaza Indonesia Tutup Hari Pertama Idulfitri, Sabtu 22 April 2023

Plaza Indonesia tutup pada Hari H Lebaran, Sabtu (22/4/2023) dan kembali buka pada Minggu (23/4/2022)
Plaza Indonesia. /plazaindonesa
Plaza Indonesia. /plazaindonesa

Bisnis.com, JAKARTA — Pusat perbelanjaan ternama di Jakarta, Plaza Indonesia mengumumkan akan menutup operasi sepenuhnya pada hari pertama lebaran Idulfitri 1444H, Sabtu 22 April 2023.

Mengutip akun instagram @plazaindonesia, mal emiten bersandi PLIN tersebut bakal tutup pada hari pertama Idulfitri, dan akan buka kembali hari berikutnya, Minggu (23/4/2023) pukul 10.00-22.00 WIB.

Keputusan tersebut diapresiasi oleh sejumlah pengikut Plaza Indonesia di media sosial. Seperti akun @atha_hey yang menulis "Keren! Thank you sudah memberi waktu untuk karyawan untuk merayakan".

Selain itu beberapa akun lainnya juga menyampaikan hal serupa. Akun @nyamnyam7899 menulis "Keren dan salut sama @plazaindonesia bisa close di hari besar ini walaupun 1 hari tapi sangat manfaat sekali bagi karyawan yg merayakannya, karena karyawan mall itu harus tetep masuk apabila mall atau plaza nya buka karena klo tidak tenant akan didenda karyawan toko nya juga akan ada potongan,semoga ini bisa diikuti oleh semua mall dan plaza di Indonesia bahkan supermarket."

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Agama menentukan awal Idulfitri melalui sidang Isbat. Berdasarkan data hisab, pada hari Kamis, 29 Ramadan 1444 H/20 April 2023 M, posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk dengan ketinggian antara 0° 45' (0 derajat 45 menit) sampai 2° 21,6' (2 derajat 21,6 menit) dengan sudut elongasi antara 1° 28,2' (1 derajat 28,2 menit) sampai dengan 3° 5,4' (3 derajat 5,4 menit).

Berdasar hisab kriteria baru MABIMS awal bulan dinyatakan masuk dan tiba bila memenuhi parameter ketinggian hilal minimal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat, disingkat 3-6,4. MABIMS adalah kumpulan Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura guna mengusahakan unifikasi kalender hijriah.

Bila melihat data hisab, kriteria hilal dan sudut elongasi belum memenuhi kriteria MABIMS. Kemungkinan besar Idulfitri 2023 hasil sidang Isbat bakal jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper