Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terima PM Ceko di Istana Bogor, Jokowi Sebut akan Liburkan 1 Minggu Kegiatan Pemerintah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan akan meliburkan kegiatan Pemerintahan selama satu minggu ke depan saat menerima kunjungan kenegaraan PM Ceko.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) /Dok Setpres RI.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) /Dok Setpres RI.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan akan meliburkan kegiatan Pemerintahan selama satu minggu ke depan saat menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Petr Fiala di Istana Bogor, Selasa (18/4/2023).

Hal ini disampaikannya saat melakukan penyambutan kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala, di Istana Bogor, pukul 16.00 WIB, Selasa (18/4/2023).

“Pagi tadi saya baru saja tiba dari Hannover, dan mulai besok Indonesia akan libur satu minggu dalam rangka Idulfitri. Namun, saya senang sekali, saya senang sekali pertemuan ini dapat  terselenggara. Kunjungan ini sangat penting, ini adalah kunjungan yang pertama tingkat kepala pemerintahan dari Ceko,” tutur Jokowi, Selasa (18/4/2023).

Kepala Negara pun memerinci mengenai sejumlah pembahasan yang dilakukannya dengan Fiala, yaitu tentang kerja sama perdagangan, kerja sama investasi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, serta mengenai hubungan Asean dan Indo-Pasifik

“Saya juga menyampaikan terkait beberapa regulasi EU (Uni Eropa) yang diskriminatif dan pentingnya mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-EU CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement),” katanya..

Selanjutnya, Presiden Ke-13 RI ini juga mengaku telah sepakat menjajaki kerja sama joint production antara industri strategis, transfer teknologi dan capacity building dengan Republik Ceko.

Kemudian, Jokowi melanjutkan tentang rencana penyelenggaraan Asean Indo-Pasifik Infrastucture forum pada September 2023.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Fiala atas pertemuan yang produktif ini,” tandasnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga turut mengundang Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Petr Fiala untuk menanamkan investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Saya mengundang Ceko untuk berinvestasi di IKN Nusantara terutama di bidang transportasi massal ramah lingkungan,” katanya saat konferensi pers di Istana Bogor, Selasa (18/4/2023).

Alhasil, Jokowi pun kembali menegaskan apresiasinya dengan kunjungan pertama bagi Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Petr Fiala di Indonesia.

Untuk diketahui, upacara penyambutan Petr Fiala berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (18/4/2023) pukul 16.15 WIB. Penyambutan dilakukan sejak mobil yang ditumpangi Petr Fiala memasuki gerbang Istana Bogor.

“Kunjungan Perdana Menteri Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia. Para pengusaha Ceko juga hadir dalam kujungan ini merefleksikan komitmen untuk membangun dan menguatkan kerja sama antarnegara,” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper