Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! 4 Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar menurut Hadist dan Riwayat

Berikut ini adalah empat tanda datangnya malam Lailatul Qadar menurut Hadist dan Riwayat.
Ilustrasi cuaca panas dna gerah./bmkg
Ilustrasi cuaca panas dna gerah./bmkg

Bisnis.com, SOLO - Menurut Hadist dan Riwayat, ternyata ada tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar yang wajib dipahami muslim.

Seperti diketahui, malam Lailatul Qadar menjadi malam yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya. Menurut Riawayat, malam Lailatul Qadar akan datang pada malam ganjil di 10 terakhir Ramadan.

"Dari Aisyah ra, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: ‘Carilah lailatul qadar itu dalam malam sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan.” (Muttafaq ‘alaih).

Berikut adalah beberapa ciri-ciri malam Lailatul Qadar dilihat dari gejala alam berdasarkan beberapa hadits Nabi dikutip dari nu.or.id.

1. Pada pagi harinya sinar matahari tidak terlalu panas dan cuaca terasa sejuk. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Muslim.

2. Malam harinya langit terlihat bersih, tidak terdapat awan, suasana terasa tenang dan sunyi, udara juga tidak dingin tidak pula panas.

3. Matahari berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.

Ruhyat Ahmad dalam buku Panduan Ramadhan: Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah menyebutkan beberapa dalil yang menunjukkan tanda-tanda malam lailatul qadar. 

"Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru." (HR Muslim no. 762).

4. Hawa sejuk, matahari tidak bersinar cerah dan tampak kemerah-merahan. 

Hadits lainnya yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a., Rasulullah SAW bersabda:

"Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan."

Meski demikian itu hanyalah prediksi, kapan tepatnya Lailatu Qadar datang hanya Allah SWT yang tahu. Sebagai muslim, kewajiban kita hanya melakukan sebaik-baiknya ibadah untuk mengetuk pintu rahmat-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper