Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lengkap! Pidato Anas Urbaningrum Usai Bebas dari Lapas Sukamiskin

Pidato lengkap Anas Urbaningrum yang telah bebas dari Lapas Kelas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.
Lengkap! Pidato Anas Urbaningrum Usai Bebas dari Lapas Sukamiskin. Anas Urbaningrum bebas dari Lapas Sukamiskin Bandung, Selasa (11/4/2023) - BISNIS - Ade Andriyawan
Lengkap! Pidato Anas Urbaningrum Usai Bebas dari Lapas Sukamiskin. Anas Urbaningrum bebas dari Lapas Sukamiskin Bandung, Selasa (11/4/2023) - BISNIS - Ade Andriyawan

Bisnis.com, JAKARTA - Anas Urbaningrum resmi menghirup udara bebas setelah menjalani tahanan di Lapas Kelas I Sukamiskin, Selasa (11/4/2023).

Eks Ketum Partai Demokrat ini divonis bersalah terkait proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor.

Dalam pidatonya di hadapan ribuan simpatisan yang hadir, Anas menumpahkan isi pilkirannya, mulai dari ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang senantiasa mendukungnya, hingga sindiran kepada para lawan politiknya.

Berkut ini adalah pidato lengkap Anas Urbaningrum:

"Salam sejahtera untuk kita sekalian, shalom, om swastiastu, salam kebajikan, salam keadilan, salam pergerakan, salam Indonesia.

Alhamdulillah, hari ini, 11 April 2023, dengan diantar oleh Kepala Sekolah saya ini, Pak Kalapas Pak Kunrat Kasmiri dan kita semua. Saya dapat berdiri di tempat ini untuk mengikuti program yang sudah disampaikan oleh Pak Kalapas, yakni cuti menjelang bebas untuk 3 bulan kedepan.

Yang pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Pak Kalapas dan seluruh jajaran yang selama ini sudah, istilahnya membina saya dan kami semua yang ada di dalam sampai pada masing-masing pada titik bebas atau merdeka. Itu satu hal yang tidak mungkin saya lupakan.

Yang keedua, terima kasih kepada teman-teman, sahabat-sahabat yang hadir. Saya harus menyebut beberapa di antaranya, sahabat lama saya, Saan Mustopa tambah glowing hari ini, kemudian sahabat saya, adaadik-adik PB HMI, ada adik-adik Cipayung, dan tentu saja di belakang saya pasti wajahnya sangat dikenal, ini sahabat saya Gede Pasek Suardika dan banyak yang lain. Ada, pokoknya banyaklah. Pokoknya banyak dari mana saja.

Saya sungguh terima kasih karena kehadiran saudara-saudara sekalian di halaman Lapas Sukamiskin ini, buat saya bukan memposisikan saudara-saudara saya ini pada tempat di halaman hati saya. Tapi, semuanya yang hadir disini maupun yang tidak hadir dengan mengirimkan doa, permohonan kepada Tuhan, mengirimkan harapan semuanya, saya yakin ada di dalam relung-relung hati yang terdalam.

Karena di dalam relung hati terdalam itulah kita punya ikatan hati, ikatan batin, ikatan rasa, ikatan komitmen, dan merasa kita ini bukan individu-individu yang bisa berjalan bergerak sendiri-sendiri, tapi sebagai sebuah jalinan komunitas perjuangan.

Ketiga, saya berterima kasih kepada teman-teman wartawan yang dengan sabar dan agak susah payah berada di tempat ini. Karena tempat ini bukan favorit buat wartawan, tapi Alhamdulillah bisa berkumpul di tempat ini.

Selain terima kasih, Pak Kalapas, saya ingin menyampaikan permohonan maaf. Pertama, mohon maaf kalau ada yang berpikir bahwa saya di tempat ini mati membusuk. Kalau ada yang berpikir saya di tempat ini menjadi bangkai fisik dan bangkai sosial. Minta maaf bahwa itu alhamdulillah tidak terjadi. Alhamdulillah, dengan dukungan keluarga, dukungan teman-teman, dukungan para sahabat, saya tetap bisa hadir hidup tegak berdiri. Bukan hanya hidup, menurut saya, saya hadir disini dengan sadar, dengan sehat, dan waras.

Kedua, saya juga mohon maaf kalau ada yang berpikir bahwa dengan waktu saya agak lama di sini terhitung hari ini berarti 9 tahun 3 bulan, waktu yang cukup lama, itu hampir 2 periode Pak Saan di DPR, mohon maaf kalau ada yang berpikir dengan wktu yang lama itu kemudian bisa memisahkan saya dengan sahabat-sahabat saya seperjuangan.

Mohon maaf kalau ada yang berpikir, bahwa bisa memisahkan saya dari gerak hidup dan denyut nadi Indonesia yang kita cintai. Karena ikatan batin, ikatan rasa, ikatan nilai, ikatan spirit semangat, ikatan komitmen dan ikatan keberanian untuk terus melangkah maju itu akan membuat yang berpikir seperti itu, mohon maaf, seperti tidurnya di siang hari, tidurnya di siang bolong. Jadi sungguh saya mohon maaf.

Saya juga mohon maaf, kalau ada yang menyusun skenario besar bahwa dengan saya dimasukkan dalam waktu yang lama di tempat ini menganggap bahwa Anas sudah selesai. Skenario boleh besar, boleh kuat, boleh hebat, tapi sehebat apapun, sekuat apapun, serinci apapun, skenario manusia tidak akan mampu mengalahkan skenario Tuhan.

Wamakaru wamakarullah wallahu khoirul maakirin. Dengan begini saya ingin mengatakan kepada kita semua, bahwa saya ingin berpikir kedepan. Kedepan itu juga sekaligus dengan permohonan maaf. Mohon maaf kalau ada yang berpikir saya keluar, merdeka, bebas ini kemudian mendatangkan atau melahirkan permusuhan atau pertentangan, saya katakan mohon maaf, tidak! Tidak!

Saya tidak ada kamus pertentangan permusuhan. Tetapi kamus saya adalah perjuangan keadilan. Andai dalam perjuangan keadilan itu ada yang merasa termusuhi, mohon maaf bukan karena saya hobi permusuhan, tetapi itu konsekuensi perjuangan keadilan. Jadi hati saya, sikap saya adalah sikap persaudaraan, sikap persahabatan. Itu ingin saya garis bawahi.

Mohon maaf saya ingin menyampaikan hal-hal lain, saya menduga Pak Kalapas dan Pak Kadivas sudah capek mendengarkan. Jadi kita lanjutkan nanti di tempat berikutnya, karena tentu beliau tugasnya sampai disini. Karena itu saudara sekalian, dalam tradisi para aktivis saya ingin sampaikan yang terakhir.

Dalam tradisi para aktivis, pertandian, kompetisi itu hal biasa. Kami para aktivis itu diajarkan itu sejak kecil, sejak bayi sebagai aktivis. Tapi buat saya pertandingan itu dalam konteks demokrasi adalah pertandingan yang jujur, fair, terbuka, dan objektif. Pertandingan yang terbuka, jujur, dan objektif, tidak boleh menggunakan pihak lain, tidak boleh pertandingan pakai teknik lama nabok nyilih tangan. Itu pertandingan yang jujur. Kalau tidak ada pertandingan yang jujur, sesungguhnya buat para aktivis tidak tertarik untuk ikut pertandingan. Itulah yang ingin saya sampaikan.

Sekali lagi terima kasih untuk semua, mudah-mudahan hari ini menjadi titik langkah saya dan kita semua untuk tetap mencintai negeri ini. Kita semua para aktivis tidak mungkin diceraikan, tidak mungkin dipisahkan, kecintaan kita kepada negeri ini, kepada Indonesia, tidak mungkin kita diceraikan dengan komitmen kita untuk Indonesia kedepan yang lebih baik. Tidak mungkin kita semua bisa dipisahkan dengan semangat untuk memberikan kontribusi dan bakti untuk negeri yang kita cintai ini.

Mudah-mudahan negeri kita ini makin maju, berkembang menjadi negeri baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. Negeri NKRI yang makmur, maju, bersatu, dan rakyatnya sebanyak mungkin menikmati janji-janji kemerdekaan.

Inilah sekali lagi terima kasih dan mohon maaf, jika ada yang kurang berkenan. Sekali lagi, saya ingin terakhir memekikkan 45. Boleh ya Pak? Merdeka! Merdeka! Merdeka! Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Hidup Kalapas."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper